Kaba Terkini

Meriahkan HUT RI ke- 76, Camat Tanjung Raya Himbau Warga Pasang Bendera Merah Putih

Maninjau, KABA12.com — Camat Tanjung Raya Handria Asmi menghimbau warganya untuk memasang bendera merah putih dan umbul- umbul di lingkungan masing-masing selama bulan Agustus.

Hal ini mesti dilakukan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke- 76 pada 17 Agustus 2021.

Menurutnya, salah satu menampakkan wujud dalam bernegara adalah menyemarakkan peringatan HUT kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera merah putih di lingkungan masing-masing. Seperti di rumah, perkantoran, sekolah, tempat usaha, transportasi, dan lainnya.

“Kami himbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Tanjung Raya untuk menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini dengan memasang bendera merah putih dan umbul-umbul di lingkungan masing-masing. Pemasangan bendera negara bertujuan untuk memupuk rasa cinta tanah air dan membangkitkan semangat nasionalisme dalam bernegara,” ujar Handria Asmi kepada KABA12.com, Kamis (5/8).

Pihaknya juga sudah mengirimkan surat kepada sejumlah pihak di kecamatan, seperti walinagari, sekolah, perkantoran, dan lainnya untuk mengibarkan bendera negara selama bulan Agustus. Ia menyebut, pemasangan bendera merah putih adalah salah satu upaya dalam menampakkan semangat bernegara.

Camat menambahkan, peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini masih dalam masa pandemi Covid-19, untuk itu ia mengajak masyarakat untuk tidak melakukan perayaan yang berpotensi mengundang kerumunan massa, seperti acara panjat pinang dan lainnya.

“Kami bukan melarang untuk melakukan perayaan HUT RI ini, tapi lebih terfokus kepada menjaga aturan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan Covid-19,” ungkapnya.

Pada momentum peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini, pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dimana saja berada.

“Prokes harus selalu kita jalankan untuk memutus rantai penularan Covid-19,” imbuhnya.

Ia mengatakan, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke- 76 ini diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta dalam bernegara. Menurutnya, Pancasila bukan hanya disampaikan dengan kata-kata, melainkan juga dapat mengajak masyarakat untuk mewujudkan rasa cinta bernegara, dan meningkatkan wawasan kebangsaan untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Salah satunya adalah mendukung program pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 dengan mentaati anjuran pencegahannya.

“Kita berharap pada momen peringatan HUT Kemerdekaan RI dapat menumbuhkan semangat bernegara dan bersosial, serta bersama-sama untuk memutus rantai penularan Covid-19,” jelas Handria.

(Bryan)

To Top