Kaba Terkini

Melahirkan di Pondok Tua Ibu Bayi Dibawa ke RSJ Gaduik, Bayi Malang Dirawat

Pakan Kamih, kaba12.com — Kasus penemuan ibu melahirkan bayi perempuan di pondok tua di Padang Hijau, nagari Gaduik, kecamatan Tilatang Kamang Rabu,(2/10) pagi ditangani jajaran pemerintah kecamatan Tilatang Kamang dan Dinas Sosial Agam.

Sang ibu yang diduga mengalami kelainan jiwa, Rabu sore dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Gaduik, Padang, sementara baru perempuan yang dilahirkan di pondok tua milik warga itu masih dirawat di puskesmas Pakan Kamih, Tilatang Kamang.

Kasus penemuan wanita paruh baya yang diduga menderita gangguan jiwa melahirkan di pondok warga itu, menggemparkan masyarakat di wilayah tersebut, namun masyarakat bersama Ponen,TKSK Gaduik, langsung bertindak menyelamatkan bayi itu ke puskesmas untuk mendapat perawatan.

Camat Tilatang Kamang Ade Harlien menyebutkan, pihaknya bersama unsur terkait langsung bertindak cepat dengan mengamankan bayi ke puskemas dan membawa ibu malang itu ke RSJ Gaduik, Padang untuk mendapat perawatan.

Bahkan untuk perlengkapan bayi, melalui tim Peduli Tilatang Kamang, sudah menyediakan berbagai kebutuhan sang bayi sampai kondisinya pulih dan ada langkah lebih lanjut, termasuk ada pihak yang bersedia merawat atau diketahui keluarganya.

” Kita sudah ambil langkah-langkah penanganan untuk tahap awal, ” sebut Ade Harlien.

Untuk proses pengobatan ibu yang melahirkan di pondok tua itu, disebutkan Ade Harlien, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinsos Agam, dan diantar oleh Bidan Roza bersama TKSK Gaduik ke RSJ Padang,” kita akan memantau perkembangannya lebih lanjut ,” sebutnya.

Sementara warga Gaduik, kanagarian Gaduik, kecamatan Tilatang Kamang, gempar, menyusul temuan wanita paruh baya yang diduga mengalami gangguan jiwa melahirkan seorang diri di sebuah gubuk di Padang Hijau, Gaduik, Rabu,(2/10) pagi.

Warga yang heboh mendengar tangisan bayi berjenis kelamin perempuan langsung mendatangi sumber suara dan menyaksikan ada wanita yang sedang melihat -melihat bayinya.

Menyaksikan hal itu, beberapa tokoh masyarakat dan pemuda setempat langsung melarikan sang bayi yang masih berdarah-darah itu ke puskesmas Pakan Kamih, Tilatang Kamang untuk mendapatkan perawatan medis.

Penemuan perempuan yang baru melahirkan bayi perempuan yang diduga berasal dari daerah Sumatera Utara, sesuai logat saat berbicara.

HARMEN/SUSI

To Top