Kaba Pemko Bukittinggi

MB Gita Jam Gadang Tampil Memukau di Hari Kemerdekaan

Bukittinggi, KABA12.com — Marching Band Gita Jam Gadang (MBGJG) tampil membanggakan di Lapangan Wirabraja Kantin Bukittinggi, Sabtu (17/08) sore. Kelompok Marchingband milik Pemko Bukittinggi ini ikut dalam pagelaran yang ditampilkan menjelang aubade upacara penurunan bendera 17 Agustus.

Penampilan MBGJG yang ditunggu-tunggu masyarakat Kota Bukittinggi nyaris batal, karena sore menjelang tampil lapangan upacara diguyur hujan deras. Namun jelang detik upacara penurunan bendera akan dimulai cuaca kembali cerah sehingga MBGJG bersama empat drumband lainnya bisa tampil dalam aubade yang banyak diramaikan pengunjung itu.

Pemain MBGJG nampak kelihatan kompak dan serasi, hanya bisa membawakan dua lagu karena waktu pendek untuk upacara penurunan bendera akan dimulai. MBGJG tampil pada urutan keempat. Sebelumnya juga ada penampilan marcingband dari SMP Xaverius, marchingband IPPL Agam, dan marchingband serumpun baniah (MBSB) SD 04 Birugo Bukittinggi. Sesaat setelah dipanggil, para anggota MBGJG langsung memasuki lapangan dengan berbaris rapi. Mengenakan seragam yang didominasi warna biru putih dan hitam itu, para pemain yang merupakan pelajar yang tergabung dari berbagai sekolah SLTP dan SLTA Kota Bukittinggi ini terlihat anggun.

Selain alat musik, penampilan MBGJG juga dimeriahkan dengan display dan atraksi bendera. Hal itu membuat pengunjung yang hadir tampak terhibur. MBGJG membuka penampilannya dengan membawakan lagu “Bangun Pemuda Pemudi” yang mereka bawakan penuh semangat.

Setelah itu menyusul sebuah lagu daerah Minang “Bareh Solok” yang juga dibawakan dengan gembira.

MBGJG sudah empat tahun ini tampil berturut mengisi aubade di lapangan kantin Bukittinggi. Setiap penampilannya selalu ditunggu dan dibanjiri penonton yang menyaksikan penampilan sekaligus ikut sebagai peseta upacara. MBGJG merupakan salah satu marchingband yang sudah punya nama di Sumbar. Prestasi MBGJG adalah juara dua MMC 2017 di Unand Padang, Juara dua IDDC 2018 series Sumatera di Pekanbaru dan juara ketiga IDCC 2018 skala Nasional di Banten Jabar.

Ketua Harian MBGJG, M. Nur Idris setelah pemampilan aubade mengatakan penampilan ini dipersembahkan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 sekaligus sebagai kepercayaan yang diberikan pemerintah daerah yang harus dijawab dengan rasa syukur dan tanggung jawab dengan memberikan penampilan yang terbaik.

”Saya sangat bangga kepada anak-anak MBGJG yang tahun ini banyak pemain baru dan latihan hanya baru beberapa hari tapi sudah tampil cukup bagus. Kami juga berterima kasih kepada pemda atas semua kesempatan ini khususnya kepada Walikota Ramlan Nurmatias yang juga Ketua Dewan Pembina MBGJG,” ujar M. Nur Idris.

Tak lupa Ketua Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Kota Bukittinggi ini mengucapkan terima kasih kepada Disparpora selaku Pembina Utama MBGJG, orang tua pemain yang tergabung dalam POTA serta pelatih Widya Aditya Pradana dan kawan-kawan yang didatangkan dari Medan Sumut. Pada kesempatan itu juga ia memohon doa dan pamit kepada masyarakat kota Bukittinggi, dimana MBGJG akhir tahun ini akan mengikuti berbagai lomba tingkat Sumatera dan Nasional di Padang dan Pekanbaru.
(Ophik)

To Top