Kaba Pemko Bukittinggi

Marchingband Gita Jam Gadang Buka Pendaftaran Pemain Baru

Bukittinggi, KABA12.com — Marching band Gita Jam Gadang (MBGJG) milik Pemko Bukittinggi kembali membuka kesempatan kepada pelajar SLTP dan SLTA sederajat di Kota Bukittinggi untuk bergabung menjadi pemain dalam korps musik marchingband kebanggaan kota wisata Bukittinggi tahun 2019 dengan jadwal pendaftaran 15-20 Juli 2019 di Gor Bermawi Bukittinggi.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Umum Marchingbang Gita Jam Gadang Bukittinggi, M. Nur Idris di Gedung DPRD Kota Bukittinggi, Selasa (16/07).

“Tidak ada persyaratan khusus untuk mendaftar menjadi pemain MBGJG. Asalkan pelajar SLTP dan SLTA sederajat bersekolah di Bukittinggi, silahkan mendaftar untuk dibina dan dilatih menjadi pemain marchingbang gita jam gadang dengan mengisi blangko pendaftaran. Cuma mendaftar dan gratis mengikuti pelatihan,” kata M. Nur idris.

M. Nur Idris mengatakan, MBGJG sudah berdiri sejak tahun 2015, dibina langsung oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dibawah binaan Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga Pemko Bukittinggi bekerjasama dengan Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Bukittinggi. Sejak berdiri MBGJG sudah tiga kali melakukan retrukmen pemain baru. Dan tahun ajaran 2019 ini akan melakukan seleksi pemain baru yang akan disiapkan untuk memeriahkan event di Kota Bukittinggi serta mengikuti berbagai lomba marchingband di Indonesia.

“Ini kegiatan yang ketiga dilakukan oleh Disparpora dan PDBI Bukittinggi. Dengan maksud untuk membina generasi muda khususnya kalangan pelajar Bukittinggi untuk menjadi pemain marchingband. Nantinya mereka diharapkan bisa mengisi kegiatan kota Bukittinggi dan berbagai lomba marchingband mewakili Bukittinggi diajang nasional dan internasional di Indonesia” ujar M. Nur Idris yang didampingi oleh Kabid Pemuda dan Olah Raga Disparpora Bukittinggi, Wajidi yang akrab dipanggil Mak Itam.

Ketua PDBI Bukittinggi ini, menerangkan bahwa tahun 2019 MBGJG disiapkan untuk mengikuti berbagai lomba antara lain lomba Indonesia Marching Arts Association (IMAA) di Pekanbaru Riau, IDDC Banten di Jakarta dan Minang Marchingband Competition (MMC) di Padang. Pada tahun 2017 dan 2018, MBGJG sudah pernah mengikuti lomba dan meraih prestasi juara untuk tingkat nasional dan internasional serta masuk dalam deretan band yang menyandang predikat World Class Drumb Band di Indonesia dalam lomba di IDDC Riau dan IDCC Banten di Jakarta.

Sementara itu, Kabid Pemuda Olah Raga Disparpora Bukittinggi Wajidi menambahkan, bahwa kegiatan pelatihan dan lomba marchingband tahun ini didukung dan diadakan oleh Pemko Bukittinggi lewat Disparpora. Ia berharap pelajar SLTP dan SLTA di kota Bukittinggi dapat memanfaatkan kesempatan ini karena menjadi pemain marchingband bisa melatih karekter yang disiplin dan menjadi duta kota Bukittinggi mengikuti ajang kompetisi di Indonesia atas nama kota Bukittinggi.

Untuk mendukung kegiatan ini, kata pria yang akrab dipanggil Mak Itam ini, pihaknya sudah menyiapkan 5 pelatih yang didatangkan dari Medan Sumatera Utara dan 2 orang konsultan dari Manado dan Banda Aceh, yang sudah berpengalaman dan membawa juara beberapa band di Indonesia.

Ia menambahkan sungguhpun MBGJG disiapkan untuk mengikuti lomba namun tetap akan diminta memeriahkan berbagai event di kota Bukittinggi dan menjadi motivasi menghidupkan pekembangan drumband di sekolah dan drumband remaja masjid di kota Bukittinggi.
(Ophik)

To Top