Kaba Terkini

Mahasiswa Kukerta UNRI Nagari Koto Gadang Semprot Disinfektan ke Fasilitas Umum

Koto Gadang, kaba12.com — Sekelompok mahasiswa kuliah kerja nyata (Kukerta) Universitas Riau melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah area fasilitas umum di Nagari Koto Gadang Anam Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Senin (23/8).

Aksi sosial yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa Kukerta itu merupakan salah satu upaya preventif dalam mengantisipasi penularan Covid-19 di nagari tersebut.

Wakil Ketua Mahasiswa Kukerta UNRI Nagari Koto Gadang Anam Koto, Muhammad Haikal Diegio menyebutkan, penyemprotan cairan disinfektan ke fasilitas umum itu merupakan salah satu program pengabdian mahasiswa pada masyarakat dalam rangka membantu pencegahan Covid-19.

Ia menyebut, sterilisasi itu dilaksanakan di beberapa tempat umum yang ada di Nagari Koto Gadang Anam Koto, seperti kantor walinagari, balairung, sekolah, masjid, warung, hingga pemukiman warga.

“Kami dari mahasiswa Kukerta UNRI memang berinisiatif untuk melakukan langkah -langkah pencegahan terhadap penularan Covid-19. Salah satunya adalah penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan masyarakat,” kata Haikal kepada KABA12.com, Senin.

Selain penyemprotan disinfektan, mahasiswa Kukerta UNRI tersebut juga melakukan upaya lain dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Nagari Koto Gadang Anam Koto. Diantaranya mensosialisasikan protokol kesehatan, membagikan masker dan hand sanitizer, serta mengajak masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS).

“Berbagai upaya itu kami lakukan guna melindungi masyarakat agar terhindar dari paparan Covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu, Walinagari Koto Gadang Anam Koto, Amrizal mengapresiasi sekelompok mahasiswa Kukerta UNRI itu yang telah melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Menurutnya, langkah -langkah pencegahan tersebut memang sangat dibutuhkan, terutama mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Kami dari pemerintah nagari mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada adik-adik mahasiswa atas upaya yang telah dilakukan. Kami berharap, dengan berbagai pencegahan yang dilakukan dapat melindungi masyarakat dari penularan virus Corona,” kata Amrizal.

Sekelompok mahasiswa Universitas Riau yang melaksanakan kuliah kerja nyata tahun 2021 di Nagari Koto Gadang Anam Koto itu diantaranya,
Bayu Pratama FISIP 19’, Muhammad Haikal Diegio FH 19’, Dayang Putri Ayu FH 19’, Yunia Fresha FMIPA 18’, Ariesa Arasy FKIP 18’, Puja Salwa FKIP 19’, Muhammad Arif FH 19’, Gita Afwah Yonda FISIP 19’, Atikah Fadilla FISIP 19’, dan Muhammad Saputra FH 19’. Sedangkan dosen pembimbing lapangan atas nama Syahriadi, S.Pd,.M.Pd, AIFO-P.

(Bryan)

To Top