Kaba Terkini

Mahasiswa Kukerta UNRI Nagari Koto Gadang Edukasi Petani KJA Danau Maninjau

Koto Gadang, KABA12.com — Sejumlah mahasiswa kuliah kerja nyata (Kukerta) Universitas Riau di Nagari Koto Gadang Anam Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam memberikan edukasi kepada para petani ikan keramba jaring apung (KJA) di Danau Maninjau, Minggu (29/8).

Edukasi yang diberikan kepada pembudidaya ikan itu mengenai tentang penggunaan KJA ramah lingkungan yang mesti dilakukan kedepannya.

Ketua mahasiswa Kukerta UNRI Nagari Koto Gadang Anam Koto, Bayu Pratama menyebutkan, pemberian edukasi kepada petani KJA itu dilakukan di Muaro Suak, Jorong Baruah, Nagari Koto Gadang Anam Koto. Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menyarankan kepada petani KJA untuk membuat KJA yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dalam rangka mengatasi pencemaran danau.

“Kita memberi edukasi kepada petani KJA agar lebih memperhatikan dampak lingkungan yang terjadi akibat sisa pakan ikan yang masuk ke danau. Dimana sisa pakan yang tidak terurai itu akan menjadi sedimen di dasar danau, sehingga berakibat pada menurunnya kualitas air danau,” kata Bayu didampingi Wakil Ketua Muhammad Haikal.

Menurutnya, penggunaan KJA ramah lingkungan merupakan salah satu solusi dalam upaya revitalisasi Danau Maninjau. Dimana melalui KJA yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dinilai mampu mendukung program penyelamatan danau, dan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

“Harapannya, agar para petani ikan KJA di Danau Maninjau ini dapat mendukung program penyelamatan danau yang dilakukan oleh pemerintah, salah satunya dengan cara menerapkan teknologi KJA yang ramah lingkungan,” ungkapnya.

Selain memberikan edukasi pendampingan, para mahasiswa Kukerta juga membantu petani KJA yang melaksanakan panen ikan. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para mahasiswa.

(Bryan)

To Top