Kaba Terkini

Lubukbasung Kembangkan Kebun Bibit Nagari

Lubukbasung, KABA12.com — Pemerintah nagari Lubukbasung terus upayakan mendorong kehidupan masyarakat makmur dan sejahtera. Berbagai program diterapkan, salah satunya program inovasi bupati, Agam Menyemai dengan membuat kebun bibit nagari.

Walinagari Lubukbasung Darma Ira Putra pada KABA12.com mengatakan, pengadaan kebun nagari yang berlokasi di Parit Rantang Mudiak jorong III Sangkir itu merupakan droping dana anggaran nagari tahap I, II dan III tahun 2017 sebanyak Rp 124.670.000. Dimana pihaknya telah mengembangkan 10.000 batang bibit pinang dan 10.000 batang bibit kelapa puyuh.

“Alhamdulillah, sudah hampir 50 persen bibit itu tersalurkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dikatakannya, antusias masyarakat untuk menanam ini sangat tinggi. Hal itu dapat dilihat dari minat warga Lubukbasung yang menginginkan bibit tersebut,” ini jika tidak kita control pembagiannya, mungkin bibit ini sudah habis semua dibawa warga,” ungkapnya.

Ia menyebutkan pada kebun bibit nagari seluas ¼ Ha itu nantinya juga akan dikembangkan 3.000 bibit durian. Hal itu dipilih karena daerah Lubukbasung sangat potensial dan sudah menjadi salah satu kenamaan untuk durian.

“Lubukbasung itu terkenal dengan kelapanya dan terkenal dengan duriannya yang enak. Jadi, kita berharap warga Lubukbasung tidak lagi membeli bibit ke luar, karena kita sudah punya kebun bibit sendiri di nagari, kita ingin Lubukbasung jadi sentra kelapa, durian dan pinang. Itu alas an kenapa kita fokus kepada 3 bibit itu saja, agar bisa membantu perekonomian warga karena ini ada nilai ekonomisnya,” jelas Darma Ira Putra.

Bagi warga Lubukbasung yang ingin mendapatkan bibit-bibt tersebut, bisa datang ke kantor Walinagari Lubukbasung atau langsung datang ke kebun bibit yang berada di Parit Rantang Mudiak jorong III Sangkir, dengan syarat membawa foto coppy KTP/KK.

(Jaswit)

To Top