Kaba Terkini

Lomba Pionering Meriahkan HUT Pramuka ke-56 di IV Koto

Koto Tuo, KABA12.com — Dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka Ke-56 Tahun 2017, Kwartir Ranting (Kwarran) IV Koto adakan lomba pionering dan mendirikan tenda di halaman SMAN 1 IV Koto, Senin (14/08).

Pionering adalah salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah objek yang berfungsi dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Kwarran Erdi Marosa didampingi ketua penyelenggara Astati menyebutkan, ada sekitar 350 anggota pramuka yang terdiri dari penggalang dan penegak yang ikut berpartisipasi dalam peringatan HUT Pramuka ke-56 di Kwarran IV Koto.

“Lomba pionering dan mendirikan tenda itu diikuti 13 gugus dari SD dan empat gugus SMP-SMA,” sebut Astati.

Peringatan HUT Pramuka ke-56 di Kwarran IV Koto sebelumnya dimulai dengan upacara  dipimpin ketua majelis pembimbing ranting (Kamabiran) Rahmi Artati.

Dalam amanatnya Camat IV Koto itu berpesan, agar seluruh majelis pembimbing gugus depan (Kamabigus) dan anggota pramuka dapat mengimplementasikan Trisatya dan Dhasadarma Pramuka.

“Peringatan seperti ini baru pertama kali kita lakukan di IV Koto, kita minta kegiatan ini terus diagendakan setiap tahun, serta mengaktifkan gerakan pramuka disetiap gugus. Bagi anggota dan para majelis gudep untuk menjaga kedisiplinan, sportifitas dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terdapat dalam Trisatya Dharma Pramuka,” ujarnya.

Dari lomba tersebut, MAS Taman Raya berhasil meraih juara I pada kedua lomba, pionering dan mendirikan tenda tingkat SMP-SMA, Juara II diraih MTsN Balingka dan Juara III diraih SMP 1 IV Koto.

Sementara tingkat sekolah dasar, SD 18 Koto Hilalang menyabet predikat juara I mendirikan tenda dan SD 03 Koto Tuo lomba pionering.

(Jaswit)

To Top