Kaba Bukittinggi

Lima Hari Berjibaku, Tim Jatanras Polres Bukittinggi Berhasil Lumpuhkan TSK Curanmor

Bukittinggi, KABA12.com — Satu orang tersangka tindak pidana pencurian sepeda motor dengan 20 lebih TKP di Bukittinggi berhasil diringkus Tim Jatanras Polres Bukittinggi. Putra (29) berhasil dilumpuhkan di Jalur 32 Kampung Cubadak Nagari Lingkungan Awua. Kec. Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (16/10).

Katim Jatanras Polres Bukittinggi, AKP. Pradipta Putra Pratama didampingi Wakatim IPDA. Fikri Rahmadi mengatakan, untuk mendapatkan satu orang tersangka ini, tim cukup berjibaku karena mulai melakukan pengejaran sejak Sabtu (12/10) lalu.

“Selama lima hari kurang lebih kami bersama tim berada di Pasaman barat dengan tiga wilayah di Aia Bangih, Simpang Empat dan Aur Kuning Pasaman,” katanya.

Perjalanan Tim Jatanras Polres Bukittinggi dimulai saat adanya informasi salah seorang TO Curanmor yang telah beraksi di Bukittinggi berada di Pasaman Barat dengan tujuan ke Aia Bangih. Tim Jatanras Polres Bukittinggi dengan empat orang anggota melakukan pencarian di wilayah Aia Bangih.

Selama tiga hari Tim Jatanras Polres Bukittinggi yang menumpang nginap di gudang bangunan milik masyarakat didampingi anggota Polsek Bangih untuk melakukan pencarian terhadap TO yang bernama Putra (29) atau biasa dipanggil IYE.

Selanjutnya dengan pencarian selama tiga hari tersangka mencurigai keberadaan Polisi dari Bukittinggi yang berkeliling di kampungnya itu dan melarikan diri ke Simpang Ampek Pasaman Barat ke rumah kerabatnya.

Mendapat info itu, tim Jatanras langsung bergeser ke arah Polres Pasaman meminta bantuan untuk menunjukkan wilayah dimana tersangka diduga tinggal.

“Selama dua hari berada di Simpang Ampek Pasaman Barat. Awalnya, sudah mulai putus asa. Tapi kami semangati lagi tim pantang pulang sebelum membawa tangkapan,” tegasnya.

Akhirnya Rabu (16/10) sekitar pukul 17:30 WiIB, Tim Jatanras mendapatkan informasi kalau tersangka yang merupakan residivis tiga kali masuk Lapas di Bukittinggi dan Pasaman itu, tengah berada di rumah keluarganya jln. Jalur 32 Kampung Cubadak Nagari Lingkungan Awua. Kec. Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat.

“Dengan informasi tersebut, dibantu oleh tim lapangan Polres Pasaman Barat, Tim Jantanras Bukittinggi langsung melakukan penggerebakan terhadap rumah keluarganya itu dan berhasil mengamankan Putra,” jelasnya.

Setelah dilakukan interogasi terhadap tersangka di Polsek Pasaman, Putra tersangka mengakui, kalau sudah beraksi di Bukittinggi sebanyak 20 lebih dengan menjual kendaraan bermotor ke Sumatera Utara dan Pasaman Barat.

“Pengakuan tersangka sudah beraksi 20 kali di Bukittinggi. Namun, kendaraan bermotor yang sudah diambil sudah berpindah tangan pembeli sebanyak 3 kali hingga sampai ke Sumatera Utara. Kini sudah kita amankan untuk penyelidikan lebih lanjut di Mapolres Bukittinggi,” tegasnya.

(Ophik)

To Top