Kaba Terkini

Lima Bulan Terakhir Sumbar Diguncang 211 Gempa

Padang Panjang, KABA12.com — BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang mencatat telah terjadi 112 kali gempa bumi yang mengguncang wilayah Sumatera Barat selama lima bulan terakhir, Januari- Mei 2017. Namun yang dapat dirasakan masyarakat hanya tujuh kali gempa bumi.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang Rahmat Triyono menjelaskan, gempa-gempa tersebut disebabkan oleh aktivitas subduksi, aktivitas sesar Mentawai dan akitivitas sesar Sumatera.

“Wilayah Sumatera Barat merupakan wilayah yang tingkat aktivitas kegempaannya tinggi,” sebutnya dalam rilis yang diterima KABA12.com, Senin (05/06).

Oleh sebab itu, Ia berharap agar masyarakat selalu waspada, mengingat gempa bumi belum bisa diprediksi dan sewaktu waktu dapat terjadi.

“Tidak hanya itu, Sumatera Barat juga terdapat tiga sumber ancaman gempa bumi, yaitu sesar Sumatera, Sesar Mentawai dan Subduksi lempeng di Samudera Hindia sebelah Barat Pulau Sumatera,” ingatnya.

Sementara terkait aktifitas erupsi gunung api Merapi Minggu (04/06) kemarin, Rahmat Triyono mengatakan tidak dipengaruhi oleh gempa bumi yang terjadi.

“Sangat kecil kemungkinan kejadian erupsi gunung Marapi ini disebabkan karena dipicu gempa bumi tektonik yang terjadi tanggal 12 Januari 2017 lalu. Karena tidak terdapat kejadian gempa bumi signifikan yang berdampak serius memicu aktivitas gunung Marapi di Sumatera Barat,” jelasnya.

(Jaswit)

To Top