Kaba Pemko Bukittinggi

Libur Lebaran, Lalin Bukittinggi Padat Merayap

Bukittinggi, KABA12.com — Libur lebaran Idul Fitri tahun ini memang menjadi moment bagi perantau untuk berkumpul bersama keluarga. Karena tidak hanya libur kerja saja, namun juga sejak satu minggu jelang lebaran hibgga satu minggu pasca lebaran pun, sejumlah sekolah di beberapa daerah masih libur.

Moment ini tentu membuat kampung halaman dan pusat pariwisata Sumatera Barat, Bukittinggi menjadi penuh sesak dengan kunjungan. Tidak hanya bagi para perantau yang pulang kampung, namun juga wisatawan dari luar daerah.

Hal ini tentu saja berdampak pada padatnya arus lalu lintas menuju pusat kota Bukittinggi. Apalagi pada Sabtu (08/06), yang menjadi H-2 jelang arus balik.

Pada umumnya jalan raya di kota wisata penuh dengan kendaraan. Namun, dengan adanya petugas lapangan, baik dari Dishub dan Polres Bukittinggi, situasi masih dapat dikendalikan.

Kadishub Bukittinggi melalui Kabid Lalin Dishub, Reka Syahrul didampingi Beni Yunaldi, menjelaskan, kondisi arus lalu lintas di Bukittinggi saat ini padat merayap. Kondisi tersebut terjadi baik untuk masuk maupun keluar kota Bukittinggi.

“Saat ini arus lalu lintas terpantau padat merayap. Rekayasa lalu lintas dinilai cukup efektif untuk mengurai kemacetan. Namun karena volume kendaraan terus meningkat, sehingga kemacetan tidak dapat dihindari. Kemacetan yang terjadi masih terus diupayakan oleh petugas di lapangan, sehingga kondisi lalin terus bergerak,” ujarnya.

Hal serupa dialami sejumlah perantau. Salah satunya Febrina, yang mengaku untuk keluar Bukittinggi cukup macet, apalagi ketika kembali ke Bukittinggi.

“Kemaren kami ke Batusangkar dari Bukittinggi menempuh waktu 2 jam lebih. Sementara sewaktu kami dari Payakumbuh menuju Bukittinggi menempuh waktu sekitar 3 jam,” ujarnya.

(Ophik)

To Top