Kaba Terkini

Lepas Pawai Alegoris, Bupati Agam Kenakan Pakaian Adat

Lubukbasung, KABA12.com — Ada pemandangan yang cukup berbeda terjadi saat pelaksanaan pawai alegoris peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 di Agam.

Pemandangan beda itu terlihat saat Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri dan Ketua TP-PKK Agam, Ny. Vita Indra Catri serta pimpinan OPD mengenakan pakaian adat saat pelepasan pawai tahunan itu.

Seperti yang diungkapkan salah seorang masyarakat Lubukbasung, Rosmiati. Ia mengaku bangga, seluruh petinggi Agam mengenakan pakaian adat Minangkabau di momen peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesa.

Sementara itu, Baharudin menambahkan, bahwa perubahan ini sejalan dengan program pemerintah untuk melestarikan seni budaya. Bahkan seni budaya menjadi salah satu kriteria yang dicantumkan dalam gerakan Nagari Madani.

“Selain pakaian adat yang dikenakan peserta pawai, juga tidak sedikit memakai pakaian bernuansa islami. Ini sejalan dengan filosofi Minangkabau adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,”ujarnya.

Oleh sebab itu, Baharudin mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Agam, yang sudah memberikan perubahan kepada daerah melalui program gerakan Nagari Madani nya.

(Virgo/*)

To Top