Kaba Terkini

Launching KIA, Anak Usia 0-17 di Tanah Datar Miliki Kartu Identitas

Tanah Datar, KABA12.com — Secara mandiri sejak 2017 lalu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar telah menganggarkan penyediaan 10.000 blangko Kartu Identitas Anak (KIA) dan pada Jumat (16/03) kartu tersebut telah dilaunching pemerintah setempat sebagai tanda KIA siap digunakan.

Kadisdukcapil Tanah Datar Elizabeth mengatakan selama ini anak-anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah tidak memiliki identitas penduduk yang berlaku secara nasional dan belum terintegrasi dengan sistem informasi dan administrasi kependudukan.

Disisi lain pemerintah berkewajiban untuk memberikan identitas kependudukan kepada seluruh penduduk warga negara Indonesia yang berlaku secara nasional sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

“Berdasarkan Permendagri 2/2016 tentang kartu identitas anak, setiap anak yang berusia 0-17 tahun kurang satu hari akan diberikan KIA yang merupakan identitas resmi anak dan alat bukti diri dan juga sebagai tanda pengenal bagi anak,” sebutnya pada acara Launching KIA di SD Negeri 16 Pandai Sikek Kecamatan X Koto Tanah Datar.

Sementara itu, Wakil Bupati Zuldafri Darma menyebutkan, launching KIA ini merupakan momentum yang sangat penting, karena sejalan dengan program pemerintah pusat, Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) menuju sukses pilkada serentak 2018 dan pemilu 2019.

“KIA mempunya manfaat yang sangat banyak bagi anak, seperti sebagai tanda pengenal, untuk persyaratan masuk sekolah, untuk transaksi keuangan, pelayanan kesehatan. Selain itu manfaat lainnya juga bisa dipergunakan dalam kepengurusan beasiswa,” ujarnya.

Lebih lanjut Zuldafri mengatakan melalui KIA, pemerintah akan lebih mudah dalam memberikan pelayanan serta perlindungan kepada anak, karena datanya sudah berlaku secara nasional.

Launching KIA di Tanah Datar ditandai dengan penyerahan kartu identitas anak kepada lima orang murid SDN 16 Pandai Sikek.

(Jaswit)

To Top