Kaba Bukittinggi

Kwartir Cabang XIII Bukittinggi Ikuti Penilaian Kwarcab Tergiat 2019

Bukittinggi, KABA12.com — Kwartir Cabang XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi mengikuti penilaian Kwarcab Tergiat tahun 2019 oleh Kwartir Daerah Sumbar. Penilaian dilakukan di Kantor Kwarcab XIII Kota Bukittinggi pada Kamis (08/08).

Yollis Andri, Sekretaris Kwarcab Kota Bukittinggi, mengatakan Kwarcab Bukittinggi sudah siap dinilai. Karena sejauh ini Kwarcab Bukittinggi sangat aktif berkegiatan dan kegiatan Kwarcab didukung penuh oleh Pemko Bukittinggi. Kegiatan yang dilaksanakan telah memiliki kelengkapan administrasi dan dokumentasinya.

“Untuk Bukittinggi ada tiga ranting dibawah Kwarcab masing-masing Kecamatan. Di masing-masing ranting membawahi Gugus Depan yang berada di sekolah- sekolah. Kwarcab mewadahi beberapa Satuan Karya. Seperti Satuan Karya Bhayangkara di Kepolisian, Satuan Karya Wirakartika di Kodim, Satuan Karya Taruna Bumi di Pertanian, Satuan Karya Wahana Bhakti di Pertanian, Satuan Karya Kalpataru di Lingkungan Hidup, Satuan Karya Kencana di Pemberdayaan Perempuan, Satuan Karya Bhakti Husada di Kesehatan,” jelasnya.

Sementara, tim penilai, Alwis dari Kwarda Sumbar, mengatakan Kwarda memang selalu melakukan Penilaian Kwarcab Tergiat tiap tahun. Penilaian mulai dilakukan sejak tanggal 31 Juli 2019. Tujuan penilaian ini untuk menyemarakkan Hari Pramuka yang jatuh pada tiap tanggal 14 Agustus. Selain itu juga untuk menggairahkan kwarcab dalam beraktifitas sekaligus silaturahmi, membina kwarcab agar lebih bagus administrasi dan lebih aktif lagi.

“Memang Kwarda berharap semua Kwarcab kabupaten dan kota dapat mengikuti penilaian, namun ada beberapa kwarcab yang belum siap. Jadi kedatangan kami juga sebagai ajang pembinaan karena ada Kwarcab yang masih baru, pengurusnya baru berganti ataupun masih vakum. Ajang inipun untuk menjalin komunikasi dengan Kwarcab-Kwarcab yang ada di Sumbar. Kegiatan inipun diharapkan dapat memotivasi kwarcab-kwarcab untuk lebih aktif membina ranting-ranting agar lebih aktif lagi,” jelasnya.

Kwarda Sumbar berterima kasih kepada Pemko Bukittinggi atas perhatian yang besar kepada Pramuka. Karena kegiatan Kepramukaan ini merupakan kewajiban moral untuk membina adik-adik. Dari Pramuka inilah didapat nilai-nilai, keterampilan, kecakapan.

“Kalau tidak dari Pramuka adik-adik dimana akan dapat pembelajaran nya. Proses itu berjalan dari Pramuka untuk Pramuka. Didalam Pramuka hubungan batin antara peserta didik dengan pelatih, pendidik, pamong sangat dekat,” tambahnya.

Kedatangan tim penilai disambut dengan penampilan tari Lumbuak Alu dari gugus depan 04 Birugo. Tari Lubuak Alu ini sudah sudah menjadi juara propinsi dan berpeluang menjadi juara nasional. Saat ini menunggu pengumuman dari Kwarnas. Sementara tema hari Pramuka peringatan 58 tahun Gerakan Pramuka bersama seluruh komponen bangsa siap sedia membangun keutuhan NKRI.

(Ophik)

To Top