Kaba Pemko Bukittinggi

Kusir Bendi Diberi Baju Seragam

Bukittinggi, KABA12.com — Sebanyak 150 kusir bendi diberikan baju seragam oleh pemko Bukittinggi melalui dinas pariwisata pemuda dan olahraga. Penyerahan dilakukan langsung oleh Walikota Bukittinggi didampingi Wakil Walikota, Kadisparpora, Kabag Humas dan sejumlah ASN lainnya kepada kusir bendi di kawasan Jam Gadang, Jumat (29/12).

Kadisparpora Bukittinggi, Erwin Umar menjelaskan baju seragam diserahkan kepada kusir bendi sebanyak 150 baju dan 100 telong-telong. Hal ini bertujuan agar transportasi tradisional di Bukittinggi ini lebih menarik dan aman bagi pengunjung.

“Baju seragam tentu akan membuat kusir bendi lebih rapi dan tertata. Hal ini juga akan menambah daya tarik para wisatawan untuk dapat berjalan keliling Bukittinggi dengan transportasi tradisional bendi,” jelasnya.

Andi, salah seorang kusir bendi mengaku senang dengan perhatian pemko. Adanya seragam dapat menambah daya tarik pengunjung menggunakan bendi. “Semoga peminatnya semakin ramai, karena adanya seragam dan telong-telong ini,” ujarnya.

Sementara Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengungkapkan, penyerahan seragam untuk kusir bendi tentu dapat menambah khazanah kepariwisataan Bukittinggi. Kedepan juga akan ditetapkan tarif resmi untuk penggunaan bendi. Selain itu, pemko akan memberikan reward kepada kusir teladan dan juga siap memberi sangai bagi yang melanggar aturan.

“Semua kusir sudah kita panggil dan arahkan untuk sama sama menjaga ketertiban dan kenyamanan pengunjung. Sekarang kita berikan seragam agar terlihat lebih tertata dan menarik. Kedepan akan ditetapkan tarif resmi untuk keliling Bukittinggi dan untuk sewa satu jam. Selain itu pemko juga akan berikan reward bagi kusir bendi teladan dan akan memberikan sanksi bagi yang melanggar aturan. Itu juga akan disepakati bersama,” ulasnya.

(Ophik)

To Top