BPBD Kab. Agam

Kurangi Risiko Bencana, BPBD Agam Sosialisasi

Lubukbasung, kaba12.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, gelar sosialisasi pengurangan risiko bencana di SMK Perbankan Bougenville Lubukbasung, Senin kemarin.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi, yang memandu sosialisasi menyebutkan BPBD Agam mengoptimalkan sosialisasi dalam upaya mengurangi risiko bencana.

Dalam sosialisasi di SMK Bougenville tersebut, pihaknya menurunkan Kasi Pencegahan, Kasi Kesiapsiagaan dan Satgas Pusdalops BPBD Agam.

Disebutkan Yunaidi, pihaknya meminta sekolah membentuk Kelompok Siaga Bencana Sekolah (KSBS) sebagai perpanjangan tangan BPBD di sekolah itu.

“KSBS sangat penting untuk kesiapsiagaan dalam lingkungan sekolah maupun diri sendiri. Apalagi siswa sekolah itu tinggal di daerah rawan longsor dan banjir,” katanya.

Yunaidi juga berharap upaya penanganan dan pengurangan risiko bencana tersebut bisa dilakukan secara optimal untuk membangun masyarakat yang tanggap terhadap bencana.

“Pemahaman kebencanaan dan langkah penanganan menjadi target penting yang harus dikuasai seluruh elemen masyarakat dan ini yang kita coba kembangkan diberbagai tempat termasuk di sekolah,” katanya.

Disisilain, kepala SMK Perbankan Bougenvile Lubukbasung, Muhammad Yamin, mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap sosialisasi tentang kebencanaan ini dapat membantu siswa saat terjadinya bencana.

“Saya berharap kegiatan ini diadakan setiap bulan dengan materi yang lain,” harapnya.

(Virgo/*)

To Top