Kaba Terkini

KSB Nagari Malalak Barat Gelar Sosialisasi PRB

Malalak, kaba12.com — Pasca dibentuk masyarakat Nagari Malalak Barat, kecamatan Malalak satuan tugas kebencanaan melalui Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Malalak Barat mulai eksis.

Setelah dibentuk, anggota KSB Nagari Malalak Barat, langsung mendapat pembekalan dan pembinaan dalam upaya peningkatan kapasitas penanganan darurat bencana yang diberikan oleh tim BPBD Agam di ruang serbaguna Nagari Malalak Barat, Kamis (24/10) di Jorong Jalan Bantiang Selatan,Malalak Barat.

Wali Nagari Malalak Barat, Pujianto, memberi apresiasi dan merasa bangga atas terbentuknya KSB Nagari Malalak Barat yang langsung mendapat pelatihan tanggap darurat bencana dalam program pengurangan risiko bencana (PRB) yang diikuti anggota KSB Nagari Malalak Barat.

Keberadaan KSB Nagari Malalak Barat, ulasnya, sangat diperlukan dengan harapan, para anggota KSB dapat melaksanakan tugas bersama jajaran pemerintahan nagari, terutama dalam penanggulangan pasca bencana di wilayah Malalak, khususnya nagari Malalak Barat, yang dikenal sebagai kawasan rawan bencana.

Wali Nagari Malalak Barat Pujianto saat membuka pelatihan yang sebanyak 25 orang anggota KSB itu, para anggota KSB yang dipimpin Rifki M Ananda, bisa menjabarkan hasil pembekalan pengetahuan peningkatan kapasitas tentang kebencanaan dan konsep relawan oleh BPBD itu, pada masyarakat luas.

Sementara Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi.S, yang turun bersama tim BPBD Agam itu, menyebutkan pentingnya setiap nagari ada kelompok siaga bencana (KSB) yang akan membantu gerak cepat dari BPBD menanggulangi bencana yang ada di nagari atau jorong.

Disebutkan, pelatihan peningkatan kapasitas bagi anggota KSB dibekali bentuk kajian risiko bencana dan para relawan yang akan menangani saat tanggap darurat bencana .

Acara pelatihan peningkatan kapasitas bagi anggota KSB nagari berlangsung selama satu hari penuh dengan narasumber dari BPBD Agam.

(Jaswit)

To Top