Kaba Terkini

KPU Agam Verifikasi Faktual Partai Perindo

Lubukbasung, KABA12.com — KPU kabupaten Agam verifikasi faktual terhadap partai Perindo DPD Agam, Kamis (21/12). Verifikasi dilakukan langsung Ketua KPU bersama Komisioner Divisi Hukum beserta petugas KPU lainnya dan diawasi Panwaslu Agam di kantor DPD partai Perindo Jl. Gajah Mada No. 131 Cubadak Lubukbasung.

Setelah melakukan verifikasi terhadap kantor tetap, SK, KTA dan KTP pengurus, serta keterwakilan 30% perempua dalam kepengurusan partai Perindo, KPU menyatakan partai baru tersebut telah memenuhi tiga item syarat verifikasi faktual, tinggal satu item verifikasi terhadap keanggotaan partai yang akan dilakukan selama tiga hari kedepan.

“Sesuai instrumen yang ada semua yang diminta lengkap. Kantor tetap DPD Perindo, KTA dan KTP pengurus sesuai SK asli, serta keterwakilan 30% perempuan dalam kepengurusan. Nanti sore akan kita plenokan mengenai verifikasi terhadap 3 item ini,” ujar Izwaryani Komisioner KPU kabupaten Agam divisi hukum.

Izwaryani menjelaskan, sesuai putusan MK verifikasi faktual hanya dilakukan pada partai baru. Untuk di kabupaten Agam, sebelumnya terdapat 3 partai baru yang memenuhi syarat, namun 2 parpol Berkarya dan Garuda telah dinyatakan gugur oleh KPU pusat.

“Jadi kita di kabupaten Agam hanya melakukan verifikasi faktual terhadap partai Perindo, karena yang 2 parpol baru telah gugur,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua DPD partai Perindo kabupaten Agam Osamaru mengatakan pihaknya yakin lolos dalam verifikasi ini, karena seluruh item syarat verifikasi lengkap.

“Kita sangat yakin akan lolos dalam verifikasi ini. Setelah ini pihaknya akan mempersiapkan minimal 540 KTP lagi jika ada beberapa kendala dalam verifikasi, jadi kami bisa mempersiapkan kekurangan tersebut pada masa perbaikan nanti. Kami optimis,” ujar Osamaru.

Verifikasi faktual masih akan berlangsung hingga 4 Januari 2018. Tahapan ini diakhiri dengan penetapan parpol peserta pemilu pada 17 Februari 2018 oleh KPU RI.

(Jaswit)

To Top