DPRD Agam

Komisi I DPRD Agam Kunjugi DPPKBKPS Sumbar

Padang, kaba12.com — Komisi I DPRD Agam gelar kunjungan kerja ke Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPPKBKPS) Provinsi Sumbar, Selasa, (29/10).

Kunjungan tersebut untuk mencari informasi terkait dengan strategi pembinaan pelaksanaan pendataan penduduk dan pengendalian dokumen pendaftaran dalam fasilitasi pencatatan sipil.

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD Agam Syaflin, didampingi Wakil Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, Wakil Ketua Komisi dan anggota komisi serta sekretariat DPRD Agam sebagai pendamping yang diterima langsung Kepala DPPKBKPS Sumbar Novrial beserta jajarannya.

Ketua Komisi I DPRD Agam, Syaflin mengatakan tujuan kunjungan kerja tersebut untuk koordinasi, sharing dan mencari informasi terkait dengan strategi pembinaan pelaksanaan pendataan penduduk dan pengendalian dokumen pendaftaran dalam fasilitasi pencatatan sipil.

Pada kesempatan itu Syaflin juga mengajukan pertanyaan trik agar pelayanan masyarakat maksimal antara Agam Barat dan Agam Timur, karena jarak yang ditempuh masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan sangat jauh ke Kantor Disdukcapil Agam di Lubukbasung.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas PPKBKPS Sumbar, Novrial mengatakan Agam termasuk daerah yang capaian kinerjanya sudah diatas rata-rata dengan jumlah bertambah penduduk 529.683 jiwa.

Ditambahkan, kabupaten Agam merupakan daerah kedua setelah Kota Padang dengan jumlah wajib KTP sebanyak 384.908 per akhir September 2019.

“Dari jumlah tersebut, sebanyak 334.212 sudah merekam KTP atau 92,78 persen, artinya Agam harus mencari 7,22 persen untuk mencetak KTP, kemungkinan penduduk yang belum tersebut, sudah meninggal atau sudah tidak berdomisili di Agam lagi,” jelasnya.

Ia berharap kepada anggota DPRD Agam untuk lebih memperhatikan Disdukcapil Agam, agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas PPKBKPS Sumbar itu menyebutkan, semua pelayanan akan mudah jika pelayanan diantarkan langsung pada masyarakat.

” Kami melihat personil Disdukcapil Agam, ASN nya relatif sedikit. Diharapkan personil Disdukcapil harus lebih banyak personilnya yang ASN, karena ini menyangkut pelayanan kepada masyarakat,” ulasnya berharap.

Catatan dan harapan yang disampaikan kepala PPKBKPS Sumbar itu, menjadi bahasan khusus komisi I DPRD Agam yang akan dibahas bersama di daerah.

HARMEN

To Top