DPRD Agam

Komisi I DPRD Agam Desak Pemerintah Tuntaskan 13 Nagari Pemekaran Baru

Lubukbasung, kaba12.com — Komisi I DPRD Agam desak Pemkab.Agam tuntaskan masalah pengajuan pemekaran 13 nagari baru yang saat ini sudah diajukan pada pemerintah pusat. Pasalnya, penetapan dan keluarnya kode desa baru, menjadi salah satu sangat diharapkan dari seluruh nagari yang disiapkan untuk mandari.

Sementara, dalam pernyataannya Bupati Agam Andri Warman di setiap acara pengukuhan nagari defenitif baru dan pelantikan pj.walinagari di 10 nagari yang sebelumnya sudah disahkan pemerintah pusat, disebutkan untuk 13 nagari pemekaran baru masih diproses ditingkat pusat.

Namun, sekretaris Komisi I DPRD Agam M.Ater Dt.Manambun, pihaknya justru mengharapkan penjelasan resmi dari DPMN Agam terkait kendala dan persoalan yang muncul sehingga menyebabkan kode desa untuk 13 nagari pemekaran yang diusulkan untuk tahap II oleh Pemkab.Agam hingga menjelang akhir tahun ini masih belum diperoleh kabar berita yang jelas.

Menjawab kaba12.com, M.Ater Dt.Manambun, sudah berupaya berkomunikasi dengan berbagai unsur terkait untuk mendapatkan data dan masalah yang berpotensi menganjal tertundanya pengesahan 13 nagari baru tersebut, “ kita masih berupaya meminta penjelasan dari DPMN Agam, dan jika memang ada persoalan, tentu harus dicarikan solusinya segera, “ ulasnya.

Diyakinkan, DPRD Agam bersama masyarakat, khususnya 13 nagari pemekaran yang sudah diusulkan untuk disahkan pemerintah pusat tersebut, sangat berharap dalam tahun ini sudah ada keputusan resmi, karena jika masih terkendala, justru akan berdampak pada perpanjangan masa tunggu.

“ Sebentar lagi akan masuk masa persiapan pemilu, tahun 2024 pelaksanaan pemilu, tentu fokus kegiatan sudah teralihkan. Kami berharap, hal ini bisa dijelaskan, sehingga solusi bersama bisa kita carikan, “ tegas sekretaris Komisi I DPRD Agam itu lagi.

HARMEN

To Top