Kaba Bukittinggi

Ketua DPRD Bukittinggi “Tarabo”, SOPD Mangkir Paripurna

Bukittinggi, KABA12.com — Berbeda dari biasanya, paripurna DPRD dengan agenda jawaban walikota atas pandangan umum fraksi terkait ranperda perubahan APBD 2017 tampak sepi.  Hal ini sontak membuat Ketua DPRD Bukittinggi tarabo.

Paripurna yang membahas anggaran perubahan ini, minim dihadiri pimpinan SOPD. Hanya sejumlah kabid, kasi dan staff yang hadir untuk mewakili kehadiran OPD dalam rapat yang dinilai penting itu.

Ketua DPRD, Beny Yusrial sangat menyayangkan kejadian ini. Pasalnya, sejak beberapa hari terakhir, paripurna dilaksanakan dalam rangka pembahasan anggaran. Kehadiran tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) dan kepala OPD sangat dibutuhkan.

“Kami menilai, kinerja SOPD semakin menurun. Bahkan sepertinya ada indikasi lebih mementingkan kerja ceremonial dari pada kerja utama mereka. Seperti paripurna kali ini. Kita sedang bahas anggaran untuk OPD, tapi mereka sibuk melakukan perjalanan ke luar daerah. Sementara paripurna ini menjadi landasan pembahasan anggaran. Ini harus dipertanyakan,” tegasnya dengan wajah serius.

Dari absensi yang diterima Ketua DPRD, hanya 6 SOPD yang dihadiri langsung oleh kepala dinas. Sementara 21 lainya hanya diwakili oleh kabid atau staff lainnya. “Ini sama saja dengan tidak menghargai lembaga DPRD,” ungkapnya.

Menanggapi itu, Wakil Walikota, Irwandi mengakui bahwa adanya sejumlah kepala dinas yang melaksanakan tugas keluar daerah. Semuanya itu juga sudah mendapat izin.

“Beberapa kepala OPD kita memang sedang izin keluar daerah. Ada yang ke Jakarta, Bandung, Padang dan sejumlah daerah lainnya. Semua ada izin dan tidak ada maksud untuk tidak menghadiri paripurna ini,” jelasnya.

Walaupun demikian, DPRD memberikan catatan khusus untuk kejadian yang tak lazim ini. Penyusunan anggaran harus dilaksanakan secara bersama antara banggar dan TAPD.

(Ophik)

To Top