Kaba Pemko Bukittinggi

Kelurahan Belakang Balok Dinilai Provinsi

Bukittinggi, KABA12.com — Tim provinsi Sumatera Barat, mendatangi kelurahan Belakang Balok, dalam rangka penilaian kelurahan bersih dan maju 2017, Rabu (12/04).

Lurah Belakang Balok, Siti Mariah menyampaikan, kelurahan Belakang Balok telah mempersiapkan seluruh aspek kebersihan lingkugan, jauh sebelum penilaian ini.

“Kita dari kelurahan Belakang Balok telah menjalankan gerakan bersih, yang telah dicanangkan  walikota. Ini pun terus dilakukan rutin demi menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan. Kelurahan Belakang Balok juga telah membuat bank sampah dan menyiapkan RTH,” ungkapnya.

Ketua tim penilai, Ir. Vianti Zami menjelaskan, 5 anggota tim akan menilai 18 poin. Penilaian akan dilakukan secara objektif dan untuk proses awal berjalan, kelurahan Belakang Balok mendapatkan kesan yang cukup baik.

“Pada prosesnya ada 14 kecamatan dan 13 kelurahan di Sumatera Barat yang dinilai, dalam rangka merealisasikan Gerakan Sumbar Bersih (GSB) yang dicetuskan gubernur pada tahun 2014 lalu, sebagai momentum mendukung Indonesia bebas sampah,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menjelaskan, salah satu misi pemko adalah membuat kota yang sejuk didukung dengan kebersihan di setiap kecamatan, kelurahan, RW dan RT.

“Inti dari acara ini bukan nilai yang dicari, tapi kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Kota wisata identik dengan kebersihan. Dengan lingkungan yang bersih wisatawan akan senang berkunjung ke kota kita,” harapnya.

Gerakan bersih di Bukittinggi telah dilakukan sejak awal kepmimpinan Ramlan Nurmatias. Bahkan belum genap satu tahun menjabat, Bukittinggi berhasil meraih piala adipura.

Hal ini, lanjut Walikota, akan terus dipertahankan dengan program-program rutin yang telah dilakukan.

(Ophik)

To Top