Kaba Terkini

Kebakaran Berpotensi Meluas, 100 Hektar Lahan Sawit Terancam

Tiku, kaba12.com — Kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit milik Andan, di Luak Gadang, Sungai Sirah, Durian Kapeh, nagari Tiku Utara, kecamatan Tanjung Mutiara, sejak Selasa,(16/1) sore kemarin berpotensi meluas ke kawasan lahan.

Hingga Rabu sore, kebakaran lahan yang mayoritas lahan gambut itu, sudah mencapai lebih dari 10 hektar, karena api yang berada dalam tanah, antara rerumputan terus menjalar ke lokasi lain.

Upaya pemadaman api dengan semprotan air oleh tim pemadaman kebakaran dibantu tim gabungan dari BPBD Agam,tim kecamatan dan nagari setempat, masih belum optimal memadamkan api, karena kebakaran justru merembet, apalagi medan lokasi kebakaran yang sulit dijangkau armada pemadam kebakaran termasuk minimnya perangkat yang dimiliki untuk proses pemadaman.

Sementara, potensi meluasnya kebakaran terbilang tinggi, pasalnya cuaca panas, justru makin memicu membubungnya api di semak belukar lahan gambut yang terbakar tersebut. Dikuatirkan, kawasan yang dtaksir seluas 100 hektar itu, bisa dilalap api jika tidak dilakukan penanganan yang komprehensif.

Informasi yang diperoleh kaba12.com dari lokasi kebakaran Rabu sore, api masih merembet dan menjalar ke lokasi lain, atau petugas sudah maksimal menyiramkan air untuk memadamkan api.

Lokasi lahan gambut, ditengarai rentan merembetnya, walau penyiraman dilakukan secara optimal, karena api justru menggurita dalam tanah dan semak belukar di areal yang terbakar.

Menurut Weri Ikhwan, Kasi. PNM Tanjung Mutiara menjawab kaba12.com, proses pemadaman masih berlangsung di areal, selain dengan sistim penyiraman, tim gabungan juga sedang mencari alat berat untuk mengisolasi lokasi kebakaran, dengan membuat saluran di sekeliling lokasi yang terbakar.

Langkah itu, sebut Weri Ikhwan disepakati bersama tim gabungan di lapangan, mengingat sulitnya penyiraman di lapangan, karena selain luasnya areal yang terbakar, juga sumber air, serta lokasi tidak bisa diakses, “ itu solusi yang akan dilaksanakan, dan alat berat sedang didatangkan ke lokasi untuk membuat saluran di sekeliling lokasi yang terbakar, “ sebutnya.

Upaya pemadaman seperti itu, harus dilakukan cepat, mengantisipasi merembetnya api ke lokasi lain, termasuk ke areal PT.Mutiara Agam , “ kita berharap, hal itu bisa segera dilakukan mengingat cuaca panas, dan api sangat mudah menjalar, “ sebut Weri Ihwan lagi.

Kebakaran lahan yang mulai terjadi di kabupaten Agam, dampak musim kemarau beberapa waktu belakangan, menjadi salah satu musibah serius yang setiap tahun dihadapi kabupaten Agam.

(Harmen)

To Top