Kaba Terkini

Kaum Caniago Batagak Gadang, Ridwan,AMd Sandang Gelar Dt.Tumbijo

Manggopoh, kaba12.com — Dijadualkan Minggu,(19/12) besok, rang Caniago kaum Dt.Tumbijo Nagari Manggopoh, kecamatan Lubukbasung akan menggelar alek batagak gadang, dalam rangka malewakan gala sako, yang disandang Ridwan,A,Md.

Perhelatan akbar itu dipusatkan di balairung adat di Cupak, Jorong Balai Satu, Nagari Manggopoh yang akan dihadiri ratusan ninik mamak dan tokoh masyarakat, tak hanya dari Manggopoh tapi juga dari berbagai nagari di kabupaten Agam.

Bahkan, dijadualkan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah dijadualkan akan hadir dalam prosesi batagak gadang malewakan gala sako tersebut, bersama Bupati Agam Andriwarman, serta berbagai tokoh perantau.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, prosesi alek batagak gadang dalam rangka malewakan gala sako yang disandang Ridwan Dt.Tumbijo, yang juga Walinagari Manggopoh itu, digelar selama 3 hari sejak Jumat,(17/12) ini sampai acara puncak hari Minggu lusa.

Rangkaian kegiatan alek batagak gadang itu, diisi dengan acara seni tradisi dalam rangkaian silaturrahmi dengan masyarakat nagari, dengan gelaran acara seni indang tigo sandiang sesi I , Jumat malam, yang berlanjut dengan indang tigo sandiang sesi Sabtu malam besok.

Sementara, Minggu, (19/12) digelar acara puncak prosesi malewakan gala sako, yang akan berlangsung sejak Minggu pagi sampai sore.

Menurut beberapa panitia, seperti Syaiful Ramadhan, Budiarta, Eri, Riko Krisman dan beberapa panitia lain, Jumat mala mini, prosesi acara sudah dimulai, disela proses persiapan akhir panitia menjelang hari H pelaksanaan batagak gadang.

“ Insyallah, persiapan sudah semakin matang dilaksanakan, agar seluruh tahapan acara digelar sukses dan lancar. Kami mohon doa restunya, “ ungkap para panitia kepada kaba12.com.

Pantauan kaba12.com, proses persiapan tempat di balairung khusus yang sengaja dibangun untuk seluruh rangkaian acara sudah terlihat maksimal. Bahkan, ratusan masyarakat sudah mulai berkumpul untuk mengikuti rangkaian malam hiburan dengan seni tradisi yang digelar.

HARMEN

To Top