Kaba Terkini

Kapolres Agam Silaturrahmi Dengan Pengurus KAN Lubukbasung

Lubukbasung, kaba12.com — Kapolres Agam AKBP. Dwi Nur Setiawan,S,Ik,M,Hum, bersama pejabat utama Polres Agam gelar silaturrahmi dengan kalangan pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubukbasung dan para ninik mamak serta unsur pimpinan pemerintahan nagari Lubukbasung di kantor KAN Lububukbasung, Sabtu,(26/10).

Silaturrahmi perdana AKBP.Dwi Nur Setiawan dengan para tokoh ninik namak pasca dilantik sebagai Kapolres Agam mendapat apresiasi banyak kalangan di kabupaten Agam, pasalnya moment silaturrahmi ini dilakukan ditengah upaya pembenahan yang dilakukan jajaran pengurus KAN Lubukbasung yang juga baru dikukuhkan beberapa waktu belakangan.

Silaturrahmi Kapolres Agam bersama jajaran pengurus KAN Lubukbasung bersama unsur pimpinan lembaga nagari tersebut, merupakan lanjutan silaturrahmi yang dilakukan ketua KAN Lubukbasung Novi Endri Dt.Simarajo dengan Kapolres Agam sebelumnya yang membahas berbagai hal terkait dengan dinamika dan fenomena yang berkembang di wilayah nagari Lubukbasung beberapa waktu belakangan.

Dalam silaturrahmi khusus itu, Kapolres Agam disambutan ketua KAN Lubukbasung N.E.Dt. Simarajo, Koordinatoe Penyelesaian Tanah Nagari M.Ater Dt. Manambun, N.Dt.Asa Labiah, ketua Bamus Lubukbasung Bob Nuzuar, dan para ninik mamak nagari Lubukbasung.

Menurut ketua KAN Lubukbasung NE.Dt. Simarajo, pertemuan silaturrahmi tersebut, sepenuhnya sebagai wujud kebersamaan yang berupaya dibangun kalangan ninik mamak nagari Lubukbasung dengan jajaran Forkopimda Agam, termasuk dengan Kapolres Agam.

Dalam pertemuan itu, ulas ketua KAN Lubukbasung itu, ada beberapa masalah krusial yang dibahas terkait dengan mengoptimalkan peran dan eksistensi ninik mamak di nagari, terutama dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi anak kemenakan, termasuk komitmen bersama dalam menjaga stabilitas daerah.

“Intinya pada pertemuan ini membahas kasus-kasus tipiring dan konflik sako dan pusako, yang notabone bisa diselesaikan secara ada, akan dibantu diselesaikan untuk tahap oleh lembaga peradilan adat nagari, sehingga anak kemenakan tidak harus selalu berurusan langsung dengan hukum, ada lembaga yang membantu menjembati penyelesaian secara adat,” ulas Novi Endri Dt.Simarajo.

Terkait dengan pertemuan tersebut, Kapolres Agam AKBP. Dwi Nur Setiawan mengaku berterimakasih atas undangan silaturrahmi yang digelar jajaran KAN Lubukbasung tersebut, karena menurutnya banyak hal yang bisa dibahas bersama demi kemajuan, keamanan, stabilitas dan dampak positif lain untuk masyarakat.

Kapolres Agam itu mengajak ninik mamak untuk bekerja sama dalam menyelesaikan masalah sebelum sampai ke ranah hukum melalui lembaga adat yang ada, sehingga bisa memberi kemudahan pada masyarakat sekaligus agar jalinan silaturrahmi dalam masyarakat tetap terjalin baik.

” Kami berharap, peran ninik mamak dalam membantu kepolisian lebih maksimal dalam berbagai hal,” ulasnya.

Silaturrahmi khusus kalangan ninik mamak dibawah KAN Lubukbasung itu mendapat perhatian luas masyarakat yang ikut hadir dalam pertemuan tersebut.

(Jaswit)

To Top