Kaba Pemko Bukittinggi

Kader PKK Bukittinggi Ikuti Jambore Tingkat Sumbar

Bukittinggi, KABA12.com — Ketua TP PKK Kota Bukittinggi lepas secara resmi Kontingen Kota Bukittinggi mengikuti Jambore Kader PKK Tingkat Propinsi Sumbar pada Sabtu (15/06) di Kantor TP PKK Kota Bukittinggi Belakang Balok.

Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Ny. Yesi Ramlan mengatakan, gerakan PKK dari tahun ke tahun telah memperlihatkan dampak yang positif sebagai mitra kerja pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Terutama dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai insan pembangunan yang berkualitas.

Terwujudnya hal itu tidak terlepas dari peranan kader PKK terutama di tingkat Kelurahan. Dengan kiprah kader PKK, sangat menentukan keberhasilan kegiatan 10 Program Pokok PKK di masyarakat.

“Untuk memotivasi dan reward bagi kader PKK yang telah bekerja ikhlas dan sukarela sekaligus menggebyarkan gerakan PKK, maka diadakanlah Jambore Kader PKK berprestasi. Baik itu tingkat Kota, Propinsi maupun Nasional.

Tahun ini, Jambore tingkat kota telah kita laksanakan. Sedangkan Jambore Tingkat Propinsi kita ikuti pada tanggal 17-20 Juni 2019 di Batusangkar,” jelasnya.
Yesi melanjutkan, 21 orang anggota tim kontingen yang akan mengikuti Jambore Kader PKK tingkat Propinsi Sumbar telah sebulan melakukan latihan untuk mengikuti jambore tersebut.

Nantinya kontingen akan mengikuti pembekalan/ penyuluhan kesehatan, Lomba Parade/ yel-yel kontingen Kota/ Kab, Lomba Ekspose Kegiatan PKK tentang Strategi pembentukan dan peningkatan kinerja kelompok PKK RW, RT dan Dasawisma di wilayah masing-masing, Lomba Simulasi Pola Asuh Anak dan Remaj, Lomba Pameran HAsil Kelompok UP2K PKK, Lomba Penyuluhan tentang Strategi dan Pengembangan Pelaksanaan Kegiatan Hatinya PKK melalui bermain peran, Lomba Penyuluhan Program Pokja IV melalui Stand Up Comedy, Penampilan Kesenian Daerah serta Outbound (senam pagi, lomba berpacu makan pisang dan lomba berjalan di dalam lingkaran koran).

Selanjutnya, Yessi berpesan agar kontingen nenjaga kekompakan, menjaga nama baik kota Bukittinggi, menjaga keamanan kontingen.

“Itu yang paling penting. Kemudian baru kita berusaha menjadi kontingen terbaik pada Jambore kali ini. Semoga apa yang telah kita usahakan dapat membawa hasil yang terbaik. Kalau kita menjadi yang terbaik, kita akan mewakili propinsi Sumbar ke tingkat nasional, seperti tahun lalu,” harap Yesi.

Bukan prestasi yang jadi tujuan utama, tapi bagaimana 10 program pokok PKK dapat terlaksana dilingkungan masing-masing. Sekembali dari Jambore, Yessi berharap kader PKK akan lebih kompak lagi membangun Bukittinggi ke depannya.

“Selamat berjambore, timbalah ilmu, berkomunikasilah dengan kader 19 kab/ kota ditambah propinsi. Saling memberikan informasi dan memberikan support. Timba juga ilmu kepada kader kab kota yang sudah sukses. Karena Jambore adalah ajang berprestasi, silaturahmi, menimba ilmu dan sharing informasi dengan sesama kader se Sumbar,” tutup Yessi.

(Ophik)

To Top