Pariwara, Kaba12.com — Setelah melewati proses yang cukup panjang dan perdebatan yang cukup alot, akhirnya pimpinan DPRD Agam bersepakat menyerahkan nama yang akan ditetapkan sebagai sekretaris DPRD Agam kepada Bupati Agam.
Kesepakatan pimpinan dewan yang dihadiri lengkap ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, Suharman, dan Lazuardi Erman atas mediasi Kemenkumham Sumbar dihadiri Sekab Agam Martiaswanto pekan laku, disepakati dengan menyerahkan keputusan penetapan nama sekretaris DPRD Agam diserahkan pada bupati Agam.
Dan sesuai hasil kesepakatan tersebut, bupati Agam akhirnya melantik Indra Dt.Baradai sebagai plt.sekretaris DPRD Agam.
Pelantikan Sekretaris DPRD Agam defenitif itu dipandu langsung bupati Agam Indracatri dalam pelantikan pejabat tinggi pratama, di aula utama kantor bupati Agam Padangbaru Lubukbasung, Kamis (09/11) lalu.
Indra Catri melantik Indra, S.Sos, MAP, yang sebelumnya menjabat kepala bagian organisasi dan reformasi birokrasi sekretariat daerah.
“Melantik sekretaris DPRD prosesnya lama. Kita tidak maksud mengulur-ulur dan mempersoalkan dua rekomendasi yang berbeda. Kita hanya inginkan kesepakatan satu suara sehingga kebijakan kita di Agam tidak cacat hukum,” ujar Bupati Agam.
Dikatakan, momentum pelantikan itu menjadi langkah awal dalam memulai pelaksanaan tugas, dan memberikan yang terbaik kepada pemerintah daerah guna mendukung aktivitas pemerintahan dalam menjalankan fungsinya.
Diharapkan bupati, amanah yang diemban dapat menumbuhkan motivasi dan memberikan angin segar bagi tata kelola pemerintahan kabupaten Agam secara keseluruhan, karena inti tata kelola adalah sumber daya manusia.
Bupati mengingatkan kepada ASN yang dilantik, agar selalu menjaga marwah, dan nama baik pemerintah kabupaten Agam, baik dari segi penampilan maupun tingkah laku.
Secara khusus diharapkan posisi sekretaris DPRD Agam bisa lebih maksimal sehingga bisa menjadi bagian penting mendorong kegiatan pemerintahan dan melayani anggota DPRD Agam dalam menjalankan tugas.
Pro-kontra posisi sekretaris DPRD Agam yang berkepanjangan beberapa waktu lalu akhirnya bisa selesai dengan sendirinya setelah unsur pimpinan dewan duduk satu meja dimediasi Kemenkumham Sumbar bersama pemerintah.(*)
Sekretaris DPRD Tunjang Kinerja Dewan

Lazuardi
Wakil Ketua DPRD Agam Lazuardi Erman menyambut baik pelantikan Indra Dt. Baradai sebagai sekretaris DPRD Agam setelah melalui perdebatan dan perbedaan sudut panjang diantara pimpinan dewan.
Menurutnya perbedaan pendapat adalah hal wajar bahkan bermuara untuk memperkokoh komitmen kebersamaan untuk masyarakat yang selama ini diperjuangkan DPRD Agam.
Bahkan disebutkan warna warni dalam politik di gedung dewan adalah wajar yang muaranya untuk kepentingan masyarakat dan daerah.
Seperti halnya jabatan sekretaris DPRD Agam merupakan posisi yang sangat penting dalam menunjang kinerja DPRD Agam kedepan.
Lazuardi Erman berharap Pj. Sekretaris DPRD Agam yang baru saja dilantik, bisa mengatur langkah dan strategi agar agenda kegiatan di DPRD Agam dapat berjalan sesuai dengan harapan.
“ Dengan sekretaris defenitif saat ini tentu membawa angin segar bagi DPRD Agam, karena sudah hampir dua bulan belakangan agenda vakum. Sekwan ini merupakan posisi yang sangat penting karena penganggaran, pembuatan naskah akademik serta terbitnya Peraturan Daerah (Perda) tidak terlepas dari keberadaan fasilitasi sekretariat DPRD,” ujarnya.
Lazuardi Erman berharap jajaran sekretariat dewan bisa memaksimalkan kegiatan mengingat tahun anggaran berjalan tinggal beberapa bulan lagi sehingga dibutuhkan kerja maksimal tim.(*)
Tugas Sekretaris DPRD Kompleks
Sementara menurut wakil ketua DPRD Agam, Suharman yang hadir dalam pelantikan pejabat struktural di lingkungan Pemkab. Agam Kamis lalu menyebutkan tugas dan tanggungjawab sekretaris DPRD sangat kompleks.
Tak hanya dalam menyelesaikan tugas-tugas administrasi di lembaga DPRD Agam tapi juga sebagai mediator dalam menjembatani berbagai.hal terjadi dengan jalinan kerjasama pemerintahan.
Tidak hanya dengan pemerintah tapi juga dengan lembaga yang ada di daerah sehingga peran dan tugasnya sangat kompleks.
Menurutnya, sekretaris DPRD memilki rumusan tugas membantu melaksanakan segala usaha dan kegiatan DPRD yang meliputi pelaksanaan informasi, keuangan dan administrasi serta asistensi dalam rangka pelaksanaan tugas, wewenang serta hak dan kewajiban anggota DPRD.
“Sekwan juga memiliki tugas melakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi seluruh penyelenggaraan tugas sekwan, menyusun rencana, mengolah, menelaah dan menyiapkan koordinasi perumusan kebijakan pimpinan DPRD. Tak hanya itu, sekwan juga merupakan perangkat daerah pembantu kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan,” sebutnya.
Suharman berharap dengan dikukuhkan Indra selaku sekretaris DPRD Agam bisa memberikan angin segar sekaligus bisa mendorong makin optimalnya seluruh tugas-tugas dan tanggungjawab DPRD Agam kedepan.(*).
Sinergi Optimal Dalam Melayani
Sementara menurut sekretaris daerah Agam H.Martiaswanto, pelantikan dan pengukuhan Indra sebagai sekretaris DPRD Agam bisa menghilang beragam pro-kontra dan polemik yang beberapa waktu belakangan terkait dengan keberadaan sekretaris DPRD Agam.
Diharapkan Martiswanto, dengan dikukuhkannya sekretaris DPRD Agam yang defenitif oleh bupati Agam bisa kembali memacu kinerja dan pelayanan di sekretariat dewan, termasuk administrasi penganggaran dan hal lain yang harus lebih optimal dalam melayani anggota DPRD Agam.
Sekab Agam itu juga berharap Indra selaku sekretaris DPRD Agam jalinan koordinasi dalam menjembatani tugas dan fungsi anggota dewan dengan pemerintah bisa makin maksimal.
Indra diharapkan bisa segera mempersiapkan berbagai hal terkait dengan tugas-tugas secara administrasi mengingat sangat banyak beban tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat.(*).
Siap Melayani Optimal
Sementara itu, Sekretaris DPRD Agam Indra menegaskan akan berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan pelayanan pemerintahan yang baik menuju efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan daerah di kabupaten Agam.
“Terwujudnya hal itu turut ditentukan oleh kinerja DPRD Agam sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, sekaligus mitra kerja pemerintah daerah. Hal tersebut akan segera terwujud jika tercipta harmonisasi hubungan antara pimpinan DPRD dengan Bupati melalui koordinasi yang baik pula,” sebut Indra.
Menurutnya, sebagai sekretaris DPRD Agam pihaknya bersama seluruh jajaran sekretariat dituntut harus mampu menjembatani hubungan tersebut sebagaimana yang tercantum dalam UU No. 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, dan DPRD memasukkan Sekretriat DPRD menjadi bagian dari sistem pendukung atau sub sistem dalam keutuhan sistem kinerja organisasi lembaga legislatif.
“Artinya kinerja sekretariat akan terintegrasi dengan wakil rakyat. Sekwan harus membantu segala usaha dan kegiatan DPRD yang meliputi pelaksanaan informasi, keuangan dan administrasi serta asistensi dalam rangka pelaksanaan tugas, wewenang serta hak dan kewajiban Anggota DPRD,” sebutnya lagi.
Indra berharap seluruh unsur terkait termasuk berbagai pihak bisa memberikan dukungan dan masukan positif pada pihaknya sebagai wujud tanggungjawab bersama dalam upaya mendorong kemajuan daerah secara utuh kedepan,” tanpa dukungan semua unsur, sekretariat dewan tidak akan bisa berbuat apa-apa dalam upaya memberikan layanan pada anggota dewan dan menjalankan tugas sebagai aparatur pemerintahan di kabupaten Agam,” ulasnya.(*)
Sekretariat Dewan Rapatkan Barisan. Gelar Rapat Perdana
Usai dilantik Bupati Agam Indra Catri sebagai Pj. Sekretaris DPRD Agam, Kamis (09/11) pagi, Indra, S.Sos, MAP, langsung menggelar pertemuan dengan jajaran sekretariat di aula II gedung parlemen setempat.
Pertemuan perdana Indra selaku sekretaris DPRD Agam itu dihadiri seluruh pegawai sekretariat DPRD mulai dari kabag, kasubag, staf dan turut hadir mantan plt.sekretaris DPRD Agam M. Arsyid.
Dalam pertemuan perdana itu mantan plt. Sekwan M. Arsyid menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh pegawai sekretariat selama bertugas walaupun dalam waktu yang terbilang singkat.
“Walaupun hanya 1 bulan 4 hari di DPRD Agam, tapi rasa kebersamaan pegawai sekretariat sangat tinggi. Kita berharap silaturrahmi ini bisa tetap terjaga selamanya,” ujar M. Arsyid.
Sementara Sekretaris DPRD Agam Indra Dt Baradai mengatakan, bahwa dirinya merasa tersanjung ditugaskan diberi kepercayaan menjabat amanah sebagai sekretaris DPRD Agam defenitif.
“Saya merasa senang ditugaskan di lembaga terhormat ini, karena dulu pernah bertugas di DPRD ini bersama Agustiar dan juga bersama Hasneril yang juga sama-sama dilantik hari ini,” sebut Indra.
Mantan Kabag Organisasi dan Reformasi Birokrasi Sekretariat Derah itu berharap seluruh pegawai Sekretariat DPRD Agam dapat bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing dan menjaga kebersamaan
“Kepada Kabag dan Kasubag juga memperhatikan kesejahteraan pegawai kontrak dan PTT karena mereka juga manusia seperti kita juga, karena saya juga pernah menjadi staf disini dulu,” ulasnya.
Indra juga menjelaskan, sekwan sebagai unsur pelayanan akan memberi dukungan terhadap tugas dan fungsi DPRD dan akan bertanggungjawab kepada pimpinan DPRD dan secara administrasi bertanggungjawab kepada bupati melalui sekretaris daerah.
Indra juga meminta kepada seluruh pegawai untuk melaporkan secara berjenjang setiap ada permasalahan untuk menjaga marwah lembaga DPRD Agam.
“Kita harus menjaga keseimbangan, untuk menghasilkan kerja yang berkualitas perlu diperkuat kemampuan sekwan beserta staf, ini salah satu untuk menjaga kehormatan dewan juga,” ujarnya lagi.
Dalam pertemuan tersebut semua pegawai yang hadir diminta untuk memperkenalkan diri mereka masing – masing guna untuk kelancaran melaksanakan tugas.
Sekwan juga menekankan kepada seluruh staf sekretariat bahwa sebagai seorang ASN, semua harus terbebas dari intervensi semua golongan dan partai politik.
Sebelumnya, Indra berhasil melewati seleksi terbuka jabatan calon pejabat tinggi pratama yang dibuka pansel sejak April 2017 lalu.
Tiga nama calon sekwan terbaik diperoleh pansel setelah mengikuti proses seleksi administrasi, tes potensi akademik, psikotes, wawancara dan presentasi makalah dan proses assessment.
Ketiga nama tersebut adalah Indra, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Agam, Surya Wendri Camat Baso, dan Murni Idrus, Camat Lubuk Basung.
Lelang jabatan Sekretaris DPRD Agam dibuka berawal sejak sekwan sebelumnya Aswirman yang dilantik menjadi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Solok, akhir Maret lalu.
Dalam moment itu Indra juga memperkenalkan beberapa pejabat di lingkungan sekretariat DPRD Agam yang ikut dilantik termasuk Hasneril yang dipercaya sebagai Pj. Kasubag Humas dan Protokoler Sekretariat DPRD Agam(*).
Dukungan Media Untuk Kemajuan
Hasneril, Kasubag. Promosi dan Pemberitaan Sekretariat DPRD Agam yang dilantik bupati Agam seiring dengan pelantikan sekretaris DPRD Agam Indra Dt.Baradai secara khusus berharap dukungan semua unsur terutama kalangan Pers dan media dalam mendorong sukses tugas pokok dan fungsi sekretariat DPRD Agam secara umum.
Hasneril menyebutkan pihaknya sebagai optimal memberikan pelayanan pada media dan wartawan dengan melengkapi berbagai fasilitas pendukung kegiatan jurnalistik di lingkungan DPRD Agam.
Secara khusus Hasneril berharap seluruh unsur Pers dan media yang akan memberikan dukungan pada pihaknya sehingga sinergi dan harmonisasi kerja bisa terbangun optimal sehingga berbagai informasi, sosialisasi dan tugas-tugas DPRD Agam secara kelembagaan bisa sampai pada masyarakat dengan cepat, akurat dan tepat.(*).
Editor : Harmen
Reportase : Jaswit
