Kaba Terkini

Jelang TdS 2019, Tanjung Mutiara Amankan Ternak di Tepi Jalan Raya

Tiku, kaba12.com — Menjelang event nasional Tour de Singkarat (TdS) 2019 tanggal 2-10 November mendatang, jajaran Forkopimca dan pemerintah nagari di kecamatan Tanjung Mutiara sepakat untuk mengamankan jalur lintas Sumatera yang bakal dilalui para pebalap dari ternak- ternak yang berkeliaran di sepanjang jalan.

Kesepakatan itu diambil dalam pertemuan khusus di aula kantor walinagari Tiku Selatan, Sabtu,(26/10).

Pertemuan khusus yang dihadiri camat Tanjung Mutiara Yogi Astarian, Kapolsek Tanjung Mutiara Iptu Muswar Hamidi SE.MH, Dandramil 04 Tanjung Mutiara Kapten Inf.Ridwan, Wali Nagari Tiku Selatan Bagindo Karman, Jorong se Nagari Tiku Selatan dan para pemilik ternak di wilayah itu.

Dalam pertemuan itu disepakati, para pemilik ternak agar mengikat atau mengandangkan ternak -ternak yang mereka miliki selama event TdS 2019 berlangsung.

” Hal itu sepenuhnya untuk ikut mendorong sukses pelaksanaan TdS 2019 sebagai event wisata nasional yang akan diikuti para pebalap terkemuka dunia,” sebut Yogi Astarian.

Camat Tanjung Mutiara itu menambahkan, pihaknya sangat berharap dukungan dan bantuan para pemilik ternak untuk menghormati keputusan bersama tersebut agar kegiatan TdS 2019 bisa berjalan aman tertib dan lancar, karena ternak-ternak yang berkeliaran akan mengganggu rute balapan dalam TdS tersebut.

Disisi lain, dalam pertemuan itu, walinagari Tiku Selatan Bagindo Karman mengapungkan regulasi terkait penertiban ternak yang berkeliaran di sarana umum.

Dalam moment itu juga disepakati wacana pembuatan dan penerbitan Peraturan Nagari (Perna) yang mengatur ternak termasuk penertibannya.

Masalah ternak yang berkeliaran di jalur jalan utama di wilayah Tanjung Mutiara menjadi salah satu masalah serius, karena ternak-ternak berkeliaran di tepi-tepi jalan seperti di kawasan pemakaman umum Tiku, depan pasar Tiku, depan kantor cabang Bank Nagari, di Muaro Mati dan beberapa lokasi lain.

(Jaswit)

To Top