Kaba Terkini

Jelang Nataru, Rutan Kelas IIB Maninjau Ikuti Apel Siaga

Maninjau, KABA12.com — Jajaran pegawai Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mengikuti pelaksanaan Apel Siaga persiapan perayaan Natal 2021 dan tahun baru 2022 secara virtual, Jum’at (24/12) sore.

Apel siaga tersebut dipusatkan di lapangan upacara Kanwil Kemenkumham Sumbar, Padang, dan diikuti seluruh jajaran UPT Pemasyarakatan secara virtual. Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy bertindak sebagai pembina apel siaga tahun ini.

Kepala Rutan Kelas IIB Maninjau Desrianto menyebutkan, Apel Siaga persiapan perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar baik Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan maupun Keimigrasian dalam mengahadapi Natal dan tahun baru 2022.

“Kegiatan ini menjadi penegasan komitmen Jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar untuk menjaga kelancaran serta antisipasi potensi gangguan keamanan selama perayaan Natal tahun 2021 dan tahun baru 2022,” ujarnya.

Ia menegaskan, pihaknya segera menindaklanjuti arahan Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar dengan peningkatan kewaspadaan, mulai dari deteksi dini, penyusunan piket pengamanan, serta berkoordinasi dengan aparat penegak hukum.

“Tentunya upaya meningkatkan kewaspadaan dan keamanan tetap kami lakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban dalam menghadapi perayaan Nataru,” jelas Karutan.

Ia mengakui, pihaknya juga gencar melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban. Upaya dilakukan dengan cara patroli pada jam rawan, dan berkoordinasi dengan aparat TNI-Polri.

(Bryan)

To Top