Kaba Agam

Jelang Idul Qurban 1445 Hijriah, Distan Agam Pantau Kondisi Kesehatan Hewan Qurban

Lubukbasung,kaba12 — Jelang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445 Hijriah yang dijadualkan akan jatuh Senin, (17/6) besok, tim Dinas Pertanian Agam pantau kondisi kesehatan hewan-hewan qurban yang akan disembelih warga di seluruh wilayah kabupaten Agam.

Pemantauan kondisi kesehatan hewan ternak yang akan dijadikan qurban oleh masyarakat di berbagai wilayah di Kabupaten Agam, menjadi salah satu tugas penting yang secara maksimal dilaksanakan tim kesehatan hewan Dinas Pertanian Agam, menjelang hari H pelaksanaan pemotongan hewan qurban yang diinformasikan banyak berlangsung Senin besok.

Seperti disebutkan Ir.Arief Restu, MSi, Kadinas Pertanian Agam menjawab kaba12, sesuai protap yang digaris, kondisi hewan ternak yang akan dijadikan hewan qurban adalah ternak yang berada dalam kondisi sehat, sesuai dengan ketentuan syariat agama Islam.

Disisi lain, pihaknya bersama tim kesehatan hewan, masih terus memonitor kegiatan penjualan hewan-hewan ternak yang akan dijadikan hewan qurban di pasar-pasar ternak,termasuk menghitung jumlah terkini hewan qurban , “ mudah-mudahan ada peningkatan dari prediksi yang sudah kita sampaikan sebelumnya, “ulas Arief Restu.

Sebelumnya Kadinas Pertanian Agam itu menyebutkan, untuk tahun ini, diprediksi jumlah hewan qurban menurutn dibanding tahun sebelumnya, dengan angka 5.186 ekor sapi dan 182 ekor kambing, turun 5,47 persen dibanding moment serupa tahun 2023 lalu, dimana hewan qurban mencapai angka 5.486 ekor sapi dan 116 ekor kambing.

Prediksi itu sesuai hasil investigasi petugas peternakan Dinas Pertanian Agam di lapangan, karena beberapa factor diantaranya menurunnya daya beli masyarakat menurun, saat ini pedagang pengepul mengurangi stock hewan qurban rata-rata 30 persen bahkan ada yang tidak menstock karena daya beli masyarakat melemah, jumlah peserta Qurban di beberapa mesjid menurun dan beberapa factor lain.

(HARMEN)

To Top