Kaba Terkini

Jelang Idul Adha, Harga Bahan Pokok Naik

Lubukbasung,kaba12 — Jelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriah yang akan dilaksanakan Senin, (17/6) besok, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

Pantauan kaba12 di Pasar Serikat Padang Baru, Lubukbasung, kenaikan harga bahan pokok terutama pada cabe merah keriting yang harga per kg nya mencapai IDR 80.000-85.0000, juga cabe hijau, cabe rawit, termasuk harga sayur-sayuran.

Semengara harga ayam potong disebutkan masih relative stabil di posisi IDR 65.000-70.000 per ekor, termasuk ayam kampung dan harga daging, “ ini karena kondisi hari raya, dan masih minimnya pasokan sayuran termasuk cabe merah dari daerah penghasilnya, “ ungkap beberapa pedagang.

Disebutkan Rianti, salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Serikat Padang Baru, Lubukbasung, kenaikan harga tersebut, dipicu dampak bencana banjir bandang lahar hujan dan erupsi Gunung Marapi yang sudah terjadi sejak akhir tahun lalu, dimana kawasan yang terdampak di beberapa kecamatan di sepanjang kaki Gunung Marapi merupakan penghasil cabe, bawang dan sayur-sayuran, “ harga sayur, terung dan lainnya justru naik, “sebutnya.

Sementara informasi yang diperoleh kaba12, kenaikan harga bahan pokok di pasaran tersebut, sudah terjadi dalam beberapa waktu belakangan, terutama pasca bencana banjir bandang lahar hujan Gunung Marapi, termasuk minimnya pasokan dari daerah lain, sehingga memicu kenaikan di berbagai pasar di kabupaten Agam.

(HARMEN)

To Top