Kaba Terkini

Jamaah Satariyah Lebaran Senin Besok

Malalak, KABA12.com — Jamaah Satariyah akan melaksanakan shalat hari raya Idul Fitri 1438 hijriah Senin,(26/6) besok.

Jamaah Satariyah diinformasikan berbeda memulai ibadah puasa dan shalat Idul Fitri.

Sebelumnya jamaah Naqsabandiyah yang banyak diikuti jamaah di Palupuah juga berbeda, dan melaksanakan shalat Idul Fitri Sabtu,(24/6) kemarin, sementara pemerintah secara resmi melaksanakan shalat Idul Fitri Minggu,(25/6).

Khusus aliran Satariyah diinformasikan banyak diikuti warga Malalak sebagai jamaahnya yang tersebar di  nagari  Malalak Timur, dan Malalak Selatan.

Camat Malalak Harmezi waktu dikonfirmasi KABA12.com Minggu,(25/6) membenarkan bahwa aliran Satariyah akan menyelesaikan ibadah puasa Minggu dan akan melaksanakan shalat Idul Fitri Senin besok.

Menurut Harmezi, hal itu sudah berlangsung lama bahkan sudah menjadi bagian aktivitas masyarakat,” hal itu sudah berlangsung lama dan tidak ada masalah, karena perbedaan justru bagian dari silaturrahmi oleh masyarakat Malalak,” sebut Harmezi.

Dijelaskan, jamaah Satariyah cukup banyak menyebar di kecamatan Malalak, tercatat sekitar 16 mesjid yang akan meaksanakan shalat Idul Fitri Senin besok.

Sementara informasi yang diperoleh KABA12.com dari kepala Badan Kesbangpol Agam Rahman, di kabupaten Agam ada beberapa aliran yang sejak lama sudah melaksanakan kegiatan ibadah.

Perbedaan waktu pelaksanaan puasa dan hari raya Idul Fitri, sebut Rahman, bukan hal berarti yang akan merusak tatanan kebersamaan dalam masyarakat,” justru banyak hikmah yang diperoleh dari perbedaan itu,” sebut Rahman lagi.

(Harmen)

To Top