Kaba Terkini

Jalur Panta Kembali Longsor, Lumpur Putuskan Akses Jalan

Matur, kaba12.com — Jalur jalan Panta-Batas Kota Bukittinggi kembali tersekat menyusul tanah longsor yang runtuh dari tebing bukit di jalur jalan kawasan Jorong Panta, Nagari Panta Pauah,Kecamatan Matur, (25/11) siang.

Tumpahan lumpur dengan volume yang tinggi membuat akses jalan tidak bisa dilewati, walau sebagian warga tetap nekad menaiki tumpukan lumpur menggunakan sepeda motor, namun sudah dicegah oleh petugas karena terlalu berbahaya.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, longsor terakhir di jalur jalan Panta-IV Koto-Batas Kota Bukittinggi itu, merupakan kejadian ketigas hingga Jumat siang ini, dimana dua titik sebelumnya sedang ditangani oleh tim gabungan BPBD Agam.

Kejadian itu dibenarkan Bambang Warsito, kepala BPBD Agam menjawab kaba12.com. Disebutkan, musibah tanah longsor yang terjadi di jalur Panta-Batas Kota Bukittinggi, diakui memang cukup tinggi beberapa waktu belakangan, akibat kondisi tebing di sepanjang jalur jalan yang masih labil, dipicu curah hujan tinggi beberapa waktu belakangan.

Upaya penanganan terkait longsor di titik ketiga Jumat ini, tengah ditangani oleh tim gabungan BPBD Agam, secara manual, menunggu alat berat yang tengah bergerak ke lokasi kejadian untuk proses pembersihan lumpur dan tumpukan batu.

Disisi lain, Kepala BPBD Agam Bambang Warsito juga mengingatkan masyarakat untuk bersabar untuk tidak melintasi jalur terdampak longsor karena berbahaya jika dilewati. Warga juga diingatkan untuk lebih waspada menyikapi kondisi cuaca ekstrem saat ini, mengingat cukup banyak titik yang rawan longsor dan banjir di kabupaten Agam.

HARMEN

To Top