Kaba Terkini

Jalan Panta Kembali Longsor, Akses Lalin Terpaksa Buka-Tutup

Matur, kaba12.com — Longsor kembali tutup akses jalan Panta-Batas Kota di Jorong Panta, Nagari Panta Pauah, Kecamatan Matur, Jumat,(25/11) dini hari.

Longsor dampak curah hujan tinggi sepanjang Kamis kemarin, menyebabkan akses jalan yang terkenal padat itu, kembali terputus hingga Jumat pagi, bahkan saat ini petugas terpaksa memberlakukan sistim buka tutup, setelah material longsor dan pohon tumbang yang membelintang jalan dibersihkan.

Bahkan, informasi yang diperoleh kaba12.com, 1 unit kendaraan nyaris hancur dihantam pohon tumbang yang roboh menghambat jalan, namun berhasil diantisipasi dan bisa dievakuasi. Saat ini, ruas jalan itu sudah bisa dilewati kendaraan dengan sistim buka tutup.

Kejadian itu dibenarkan Bambang Warsito, Kepala BPBD Agam dan Subchan, Camat Matur menjawab kaba12.com.

Dijelaskan, longsor dan pohon tumbang yang menutup akses jalan propinsi itu, dampak curah hujan tinggi, yang menyebabkan longsoran tanah dan memicu pohon tumbang.

Akibat pohon tumbang dan tanah longsor itu, akses jalan tertutup total akibat pohon besar yan roboh membelintang jalan dan tanah longsor, “ Alhamdulillah, akses jalan sudah kembali bisa dilewati dengan sistim buka-tutup, “ sebut Bambang dan Subchan berbarengan.

Ruas jalan Panta, Nagari Pauah, kecamatan Matur beberapa waktu belakangan cukup sering tersekat akibat longsor dan pohon tumbang, kondisi ini disebabkan labilnya kondisi tebing jalan akibat curah hujan tinggi.

“ Kami himbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati saat melintasi ruas-ruas jalan yang rawan dan berpotensi longsor atau pohon tumbang, “ sebut Kepala BPBD Agam itu.

HARMEN

To Top