Kaba Terkini

Jalan SIMAKA Kembali Putus, Longsor Timbun Jalan di Batu Apik

Malalak, kaba12.com — Bencana longsor kembali menerjang jalur jalan Sicincin-Malalak-Balingka (SIMAKA) Jumat, (25/11) siang. Titik longsor yang berada di lokasi yang sama, namun volume longsor kali ini, jauh lebih besar, yakni di kawasan Batu Apik, Nagari Malalak Timur, kecamatan Malalak.

Akibat longsor tersebut, jalur jalan SIMAKA kembali ditutup dari dua arah, baik dari arah Sicincin ke Bukittinggi maupun sebaliknya dari arah Balingka menuju Pariaman. Kondisi ruas jalan yang dikenal padat, sebagai jalur altenatif Bukittinggi-Padang itu, juga rawan dilewati, karena cuaca hujan lebat, dan kawasan berkabut.

Kejadian itu dibenarkan Bambang Warsito, kepala BPBD Agam menjawab kaba12.com. Disebutkan, titik longsor yang terjadi Jumat siang merupakan lokasi yang sama dihantam longsor dua hari lalu, dan akses jalan sebelumnya sudah bisa dilewati setelah tim gabungan BPBD bersama DPUTR Sumbar melalukan pembersihan material lumpur dan batu-batu.

Saat ini, pihaknya sudah melaporkan kejadian itu ke DPUTR Sumbar, mengingat ruas jalan tersebut dibawah kendali Pemprov.Sumbar, sehingga penanganan langsung dilakukan unsur terkait, “ kita berharap, longsor itu bisa segera ditangani, karena alat berat memang sudah disiagakan di jalur tersebut, untuk bergerak cepat jika terjadi musibah, “ ungkap Bambang Warsito.

Diakui Bambang, saat ini volume kejadian di kabupaten Agam dampak cuaca ekstrem beberapa waktu belakangan meningkat signifikan dibanding waktu yang sama tahun-tahun sebelumnya, sehingga pihaknya harus bekerja ekstra ditengah keterbatasan sarana dan personil yang ada saat ini.

Hal itu dibuktikan hingga Jumat siang ini saja, tercatat sudah 4 kejadian di 3 kecamatan masing -masing longsor di jorong Panta, Nagari Panta Pauah, kecamatan Matur 2 titik, 1 titik di kecamatan Palembayan dan 1 titik di Malalak.

HARMEN

To Top