Kaba Terkini

Jadi Bahasan Hangat Pasca Rang Piliang Baralek Gadang, Dr.Andri Warman :M.Dt.Maruhun Merantau “Hanya 2,5 Tahun”

Lubukbasung, kaba12.com — Pasca “alek gadang” Rang Piliang Nagari Lubukbasung dalam rangka pengukuhan Forum Komunikasi Piliang 14 (FKP14) di pelataran parkir Timur Pasar Padang Baru, Lubukbasung, Sabtu, (11/12), banyak catatan penting yang menjadi perbincangan masyarakat saat ini.

Salah satunya, poin pernyataan bupati Agam Dr.Andri Warman yang hadir dan memberikan sambutan dalam moment silaturrahmi akbar yang dihadiri ribuan anak kemenakan dan warga Lubukbasung tersebut.

Pernyataan bupati Agam yang secara terbuka menyebut, bahwa Martias Wanto Dt.Maruhun, Sekdako Bukittinggi, yang merupakan salah satu ninik mamak kaum suku Piliang Nagari Lubukbasung hanya boleh “ merantau “ 2,5 tahun ke Bukittinggi, setelah itu akan kembali ke Lubukbasung.

Pernyataan terbuka di hadapan ribuan warga itu,langsung disambut gemuruh tepuk tangan masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.Usai itu, banyak penafsiran yang muncul, pasalnya pernyataan Andri Warman itu mengandung banyak makna politis, termasuk mengarah pada Pilkada Serentak 2024 mendatang.

Apakah Bupati Agam itu menginginkan M.Dt.Maruhun kembali “pulang” ke Lubukbasung sebagai Bupati Agam menggantikannya, atau berdampingan dengannya sebagai Wakil Bupati Agam untuk periode kedua, masih belum jelas.

Karena saat ini, wakil bupati Agam Irwan Fikri digadang-gadang juga akan tampil sebagai calon bupati Agam yang akan diusung partai Demokrat termasuk mencuat nama H.Mulyadi, ketua DPD Demokrat Sumbar.

Lagipula, kini sudah menjadi pembahasan public, bahkan sudah di beberapa media sudah melansir, bahkan biduk kebersamaan Andri Warman-Irwan Fikri, yang belum genap setahun itu, sudah retak dan berair.

Dalam pernyataannya Bupati Agam Dr.Andri Warman menyebutkan kebanggaan dan apresiasinya terhadap keluarga besar kaum suku Piliang Nagari Lubukbasung yang terlihat sangat luar biasa dalam kebersamaan, bahkan apa yang sudah dilakukan, menjadi salah satu pondasi penting dalam mendorong kemajuan dan kesejahteraan anak kemenakan.

Andri Warman berharap, moment kebersamaan itu harus terus dipupuk dan dipelihara dengan baik tidak hanya sebagai bagian dari silaturrahmi antar sesama anggota kaum, tapi juga sebagai wadah penting dalam pembinaan dan bimbingan anak kemenakan untuk masa depan.

Disisi lain, Andri Warman yang menyampaikan sambutan, usai M.Dt.Maruhun, Sekdako Bukittinggi yang juga salah seorang ninik mamak kaum suku Piliang itu, memberi pernyataan khusus.
“ Pak Martias Wanto Dt.Maruhun kami lepas untuk merantau hanya 2,5 tahun, setelah itu akan kembali ke Lubukbasung bersama seluruh anak kemenakan untuk mendorong kemajuan daerah ini, “ ungkap Andri Warman yang disambut gemuruh tepuk tangan ribuan anak kemenakan kaum suku Piliang dalam acara itu.

Moment Rang Piliang Baralek Gadang yang menghadirkan 17 ninik mamak suku Piliang Nagari Lubukbasung dalam rangkap pengukuhan pengurus FK14 Lubukbasung yang diketuai Mairizal itu, mendapat perhatian luas banyak kalangan, pasalnya event silaturrahmi yang digelar sangat kuat dibuktikan dengan kehadiran ribuan anak kemenakan dari seluruh pelosok nagari.

HARMEN

To Top