Lubukbasung, kaba12.com — Komitmen memanjakan pasien dengan pelayanan terbaik, mulai diperlihatkan jajaran RSUD Lubukbasung. Salah satunya, memanfaatkan media sosial whatsapp di nomor 08116664050 yang disediakan khusus untuk pendaftaran pasien.
Selain sebagai nomor pendaftaran bagi para pasien, nomor whatsapp tersebut, juga digunakan sebagai media untuk menampung masukan, usul dan saran dari para pasien terkait dengan pelayanan yang diberikan RSUD Lubukbasung, sebagai bagian dari survei kepuasan pasien.
Teknis pendaftaran pasien berobat di RSUD Lubukbasung juga mudah, yakni dilakukan satu hari menjelang berobat dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB,setelah mendaftar dan diproses admin, pasien akan diberikan nomor antrean.
Seperti dijelaskan dr.Riko Krisman, Sp,An, Direktur RSUD Lubukbasung yang menyebutkan, sistim pendaftaran via whatsapp yang dibuat pihaknya, sangat mudah, sehingga bisa digunakan pasien setiap saat.
Dijelaskan, setelah mendaftar, data calon pasien yang sudah diproses langsung mendapat nomor antrean yang kemudian dibawa untuk registrasi di loket 2 bagi pasien BPJS dan loket 8 bagi pasien umum.
Cara mendaftar juga mudah, untuk pasien lama bisa mengirim Whatsapp dengan mengisi format diantaranya nomor rekam medis, identitas diri, poliklinik yang dituju, tanggal berobat, cara pembayaran dan nomor BPJS.
Sedangkan format untuk pasien baru diantaranya identitas diri sesuai KTP seperti nama, tempat tanggal lahir dan alamat, lalu nama ibu kandung, cara pembayaran, poliklinik yang ingin dituju, tanggal berobat dan nomor BPJS bagi peserta BPJS.
Pola layanan itu, disebutkan dr.Riko Krisman merupakan salah satu langkah awal pihaknya dalam memberi pelayanan terbaik, dimana saat ini, untuk menampung pasien yang akan berobat, meski sudah ada pendaftaran berobat melalui Whatsapp, namun secara manual tetap berlanjut, untuk mengakomodir masyarakat yang sama sekali tidak bisa mengakses jejaring sosial, “kita menyadari tidak semua masyarakat punya android,” sebutnya.
Pola pendaftaran via whatshapp itu, ulas Direktur RSUD Lubukbasung itu, sesuai evaluasi awal yang dilakukan pihaknya, cukup efektif mempercepat waktu pelayanan, pasien sampai ke ruang poliklinik lebih cepat. “ Sambil menunggu dokter, para pasien juga akan disuguhkan informasi tentang kesehatan oleh narasumber berkompeten, “ ujarnya.
Ditambahkan, untuk tahap awal, pola pelayanan informasi kesehatan ini baru bisa dilaksanakan untuk hari Senin dan Kamis sesuai tahapan proses evaluasi sistim yang dilakukan, “kami juga mengharapkan masyarakat memberi masukan terkait pelayanan di RSUD Lubukbasung di nomor whatsapp yang sama, sebagai bagian dari Survey Kepuasan Pasien,”ujarnya.
HARMEN