Kaba Terkini

Hujan Lebat Sungai Meluap, Ikan Berenang di Jalan Umum

Lubukbasung, kaba12.com — Hujan lebat yang mengguyur wilayah Lubukbasung sejak Selasa,(26/10) sore tadi memicu beragam kendala ditengah masyarakat. Dampak masih tidak tertata dengan baiknya saluran drainase terutama di jalan-jalan utama kota kembali memicu banjir di berbagai tempat.

Banjir di banyak lokasi, dampak meluapnya aliran sungai dan bandar-bandar yang tersumbat menyebabkan ruas jalan berubah menjadi aliran sungai baru yang berdampak terhadap terhadap tersekatnya arus lalulintas.

Bahkan di beberapa titik, luapan aliran sungai yang memenuhi ruas jalan membuat ikan-ikan larangan masyarakat pihak lokasi ke badan jalan, termasuk ikan-ikan jalan seperti ikan panjang, yang menjadi kegiatan baru banyak masyarakat dengan menangkap ikan ditengah hujan lebat.

Informasi yang dihimpun kaba12.com di berbagai lokasi di Lubukbasung, dampak hujan deras dengan durasi yang cukup panjang, sejak sore hingga malam ini menyebabkan mayoritas ruas jalan di wilayah ini terendam banjir.

Banjir memenuhi badan jalan di hilir Pasar Lamo Lubukbasung, Cubadak, Lansano, Lapau Talang, Simpang Tigo, Monggong sampai ke Balai Salasa dan Kampung Tangah. Luapan banjir juga membuat akses jalan di pusat pemerintahan kabupaten Agam di Padang Baru tersekat, terutama di depan kantor bupati Agam, depan Makopolres Agam, depan Bank Nagari, Simpang Talago, Ujuang Labuah, Simpang IV Tapi dan beberapa titik lain yang malam ini masih dipenuhi banjir.

Dampak hujan lebat dengan waktu yang cukup panjang sejak sore itu, justru membuat masyarakat lebih memilih berdiam diri di rumah, karena mayoritas titik tidak bisa dilewati kendaraan dengan mudah.

“ Banyak titik yang terendam banjir, namun masih bisa dilewati kendaraan ronda empat, “ ungkap Yudi Mardias, warga Talago Padang Baru, kepada kaba12.com.

Hal serupa disebut Dedi, warga Ujuang Labuah yang beberapa waktu belakangan dikenal sebagai kawasan rentan banjir, yang menyebut, luapan banjir bahkan memenuhi rumah warga terutama yang berada di lokasi yang lebih rendah dari jalan.

Sejauh ini, belum diperoleh informasi dampak lebih parah akibat luapan banjir di Lubukbasung namun petugas terkait disebutkan, sudah bersiaga untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk yang berpotensi dialami masyarakat.

HARMEN

To Top