Kaba Terkini

Agam Supermarket Bencana, Rahman : Waspadai Cuaca Ekstrem

Lubukbasung, kaba12.com — Kabupaten Agam yang dikenal sebagai salah satu daerah dengan potensi bencana yang kompleks menjadi perhatian serius banyak kalangan dalam mengantisipasi berbagai risiko kebencanaan yang berpotensi dialami masyarakat.

Bahkan, daerah yang dikenal sebagai “supermarket bencana” karena kompleksnya potensi ancaman kebencanaan di kabupaten Agam, mengharuskan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, salah satunya dampak potensi curah hujan tinggi yang sepanjang Selasa ini terjadi di wilayah kabupaten Agam.

Kewaspadaan dini, disebutkan Rahman, Asisten I Sekab.Agam yang meminta masyarakat siaga menyikapi dampak cuaca ektrem dengan perubahan kondisi yang bisa terjadi sangat cepat dari panas terik tiba-tiba hujan lebat.

Seperti halnya Selasa ini, dampak curah hujan tinggi sejak Selasa sore tadi, memicu luapan aliran sungai dan saluran irigasi yang tak kuasa menampung tumpahan curah hujan dengan debit yang cukup besar.

‘ Masyarakat kami himbau waspada, lebih baik berdiam diri di rumah atau di tempat aman untuk mengantisipasi risiko terhadap masyarakat, apalagi durasi curah hujan cukup panjang,” ungkapnya.

Secara khusus Rahman menyebutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan penanggulangan bencana untuk bersiaga, mengantisipasi berbagai kemungkinan yang berpotensi dialami masyarakat dampak curah hujan tinggi saat ini, termasuk aparat kecamatan dan nagari.

Asisten I Sekab.Agam itu, berharap masyarakat segera menginformasikan pada aparat terkait, jika terjadi hal-hal yang merugikan warga termasuk dampak curah hujan tinggi saat ini, agar petugas segera mengambil langkah-langkah di lapangan.

HARMEN

To Top