Kaba Terkini

Hj. Noni dan Abd. Rahman Serentak Serahkan Pokir Bibit Tanaman di Pintu Kabun

Bukittinggi, KABA12.com — Dua orang Anggota DPRD Bukittinggi, secara bersama-sama menyerahkan ratusan bibit tanaman bunga dan buah, untuk kelompok tani di kelurahan Puhun Pintu Kabun.

Bantuan dari dana pokir itu, dibagikan secara simbolis di kantor lurah Puhun Pintu Kabun Minggu (21/11).

Anggota DPRD Bukittinggi, Hj. Noni, menjelaskan, penyerahan bibit tanaman hias dan buah buahan ini, merupakan hasil dari permintaan masyarakat yang disampaikan pada tahun 2020 lalu. Sehingga diupayakan masuk dalam anggaran tahun 2021 dan direalisasikan hari ini.

“Kami telah arahkan dana pokir kami senilai Rp 90.000.000,- untuk bibit tanaman bunga hias, pupuk dan pestisida serta kelengkapannya, yang diberikan kepada Kelompok Tani Bukittinggi Indah, Kelurahan Puhun Pintu Kabun. Kami berharap, dalam masa pandemi ini, ekonomi warga dapat tetap bergerak dengan tanaman hias dan buah ini. Sehingga Panorama Baru bisa jadi lokasi pariwisata baru untuk wisata bunga dan buah. Dengan bantuan ini, kami harapkan masyarakat lebih bersemangat dan membantu meningkatkan perekonomian,” jelas Anggota DPRD dari Fraksi PAN itu.

Hal senada dikatakan anggota DPRD Bukittinggi, Abdul Rahman, menjelaskan, untuk realisasi pokir tahun 2021 ini, dirinya mengarahkan pemberian bibit buah buahan di seluruh kecamatan yang ada di Bukittinggi.

Sehingga, tidak hanya di dapil Guguak Panjang saja, tapi pokir nya diberikan juga untuk warga kecamatan MKS dan Guguak Panjang.

” Untuk tahun 2021 ini, khusus di Kelurahan Puhun Pintu Kabun, kami serahkan bantuan berupa 400 bibit salak pondoh dan 400 bibit durian montong, untuk kelompok tani Langgun, kelurahan Puhun Pintu Kabun, senilai Rp 70.000.000,-. Semoga bermanfaat bagi masyarakat nantinya,” jelas Anggota DPRD dar Fraksi PKB itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi, Ismail Johar, mengapresiasi banyaknya Anggota DPRD Bukittinggi, yang mengarahkan dana pokok pikirannya untuk pengadaan bibit tanaman buah buahan dan bunga. Tahun 2021 ini saja, sekitar 7000 bibit diberikan kepada masyarakat, melalui anggara dana pokir para wakil rakyat.

“Kami sangat berterima kasih kepada Anggota DPRD Bukittinggi yang telah banyak membantu masyarakat melalui dana pokir untuk pemberian bibit tanaman, baik itu bunga hias maupun bunga. Hal ini tentu akan membuat masyarakat kembali bersemangat untuk aktif meningkatkan ekonomi di masa pandemi ini dengan bercocok tanam,” ujar Ismail.

Kadis Pertanian dan Pangan ini, juga mengingatkan kepada warga untuk memanfaatkan bibit yang diberikan dengan maksimal. “Misalnya, buah buahan, jangan hanya untuk dijual semua, tapi juga untuk konsumsi pribadi, agar tubuh juga sehat,” ujarnya.

(Ophik)

To Top