Kaba Pemko Bukittinggi

Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran, 54 ASN Bukittinggi Cuti

Bukittinggi, KABA12.com — Hingga pukul 15.00 Wib, tercatat kehadiran ASN Pemko Bukittinggi saat Apel hari pertama kerja mencapai 96,35 % atau sebanyak 1.741 orang ASN. Sementara yang tidak hadir tanpa keterangan hanya berjumlah 3 orang atau 0, 17 %. Catatan lain, tidak hadir karena sakit satu orang (0,06%). Sementara ASN yang cuti mencapai 54 orang atau 2,99%.

Menurut Kepala BKPSDM Kota Bukittinggi, Sustinna, hasil laporan kehadiran ASN Pemko Bukittinggi pada hari pertama kerja ini akan dimasukkan ke dalam Aplikasi Sistem Informasi Kehadiran ASN Nasional (SIDINA) dari KemenPAN RB.

“Penyampaian laporan kehadiran ASN ke dalam aplikasi SIDINA itu menurut Sustina berdasarkan surat Menteri PANRB Syafruddin Nomor B/26/M.SM.00.01/2019 pada 27 Mei 2019 tentang Laporan Hasil Pemantauan Kehadiran Aparatur Negara Sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H,” jelasnya.

Surat tersebut ditujukan kepada para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Instansi Pusat dan Daerah. Dalam surat itu, Kementerian PANRB mendorong para PPK dan Pejabat yang Berwenang (PYB) di seluruh instansi pemerintah, untuk melakukan pemantauan kehadiran ASN seusai Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H, yakni Senin 10 Juni 2019. Laporan Hasil Pemantauan Kehadiran diinput melalui aplikasi http://sidina.menpan.go.id.

“Bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa disertai alasan yang sah, maka akan dijatuhi hukuman disiplin karena melakukan pelanggaran terhadap kewajiban Pasal 3 Angka 17 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS,” ujar Sustinna.

Untuk penjatuhan hukuman disiplin kepada PNS dapat dilaporkan kepada Menteri PANRB serta ditembuskan kepada Kepala BKN paling lambat 10 Juli 2019. Apabila dalam proses pelaporan terdapat kesulitan, maka dapat dikirimkan melalui email asdep1.sdma@menpan.go.id. Setelah laporan disampaikan, Menteri PANRB hari ini akan memantau secara langsung kehadiran PNS di Command Centre Kementerian PANRB bersama Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan pejabat terkait lainnya.

Untuk Kota Bukittinggi, jumlah ASN mencapai 1.807 orang. ASN Guru dan tata usaha sekolah mencapai 863 orang. Sementara ASN yang akan memasuki masa pensiun sebanyak 7 orang. Jadi total ASN Pemko Bukittinggi berjumlah 2.677 orang.

(Ophik)

To Top