DPRD Agam

Gubernur Sumbar Buka Orientasi Anggota DPRD Agam

Padang, kaba12.com — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka secara resmi orientasi dan pembekalan untuk anggota DPRD Agam periode 2019-2024, di Pangeran Beach Hotel Padang, Kamis (26/9).

Pembukaan itu dihadiri Kepala BPSDM Sumbar Jafrinal Arifin, Ketua DPRD Agam Novi Irwan, para Wakil Ketua DPRD Agam, Sekretaris DPRD Agam Indra, dan anggota DPRD Agam serta jajaran sekretariat DPRD Agam.

Kepala Kepala BPSDM Sumbar, Jefrinal Arifin, menjelaskan, dalam orientasi 45 anggota DPRD Agam akan dibekali dengan materi tentang empat pilar kebangsaan, wawasan kebangsaan, pembangunan daerah serta teknis pengelolaan keuangan daerah.

Selain itu pula akan diberi materi mengenai hubungan kerja antara eksekutif dan legislatif juga sistem pemerintahan, yang berlaku di negara Indonesia.

“Ini sangat penting untuk dilaksanakan, karena hak dan kewajiban anggota dewan dapat dipenuhi setelah penuh menjalani masa orientasi. Jika belum menjalankan orientasi akan sulit menjalankan tugas yang bersifat strategis, sebab anggota DPRD memiliki berbagai latar belakang dan disiplin ilmu yang berbeda, sehingga orientasi perlu dilaksanakan,” jelasnya.

Sementara, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam sambutannya berharap, antara anggota DPRD Agam dengan kepala daerah dan jajarannya harus selalu bersinergi, karena merupakan mitra dalam pembangunan di daerah.

Ditambahkan gubernur, orientasi untuk anggota Dewan Agam itu, bertujuan untuk memahami tugas dan tanggung jawab sebagai anggota dewan terhormat.

“Kegiatan ini merupakan proses pengenalan tugas- tugas dan kewenangan anggota DPRD, sebagai penyelenggara pemerintah daerah, dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Diharapkan, hubungan komunikasi yang baik harus terjalin satu sama lain, dan untuk mencapai tujuan tersebut harus bersama- sama sebagai wujud nyata mencapai tujuan nasional.

Dilain pihak, ketua DPRD Agam Novi Irwan melalui Kasubag Humas-Protokol DPRD Agam Hasneril menyampaikan kegiatan orientasi sangat penting , terutama dalam meningkatkan pemahaman ideologi negara, konstitusi, semangat patriotisme, wawasan kebangsaan, sistem pemerintahan, integritas, dan hubungan kerja antara DPRD dan pemerintah daerah, untuk meningkatkan semangat pengabdian pada masyarakat, daerah, bangsa dan negara.

” Semoga tugas dan fungsi yang merupakan amanah masyarakat dapat berjalan secara optimal seperti fungsi membentuk peraturan daerah, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan, yang seluruhnya bermuara dalam sinergi pemerintahan daerah kabupaten Agam untuk peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Agam,” ungkap Novi Irwan

Orientasi itu ditandai dengan pemasangan tanda peserta pada Ketua DPRD Agam Novi Irwan, oleh gubernur Sumbar sebagai perwakilan dan foto bersama.

HARMEN

To Top