Pemkab Agam

Gubernur Mahyeldi Harapkan 10 Program PKK Terlaksana Sampai Tingkat Nagari

Lubukbasung, kaba12.com — Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengharapkan kepada para kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di daerah itu agar dapat melaksanakan 10 program pokok PKK sampai ke tingkat nagari.

Hal itu disampaikan gubernur saat membuka secara resmi Jambore Kader PKK Berprestasi ke- XIX tahun 2022 tingkat provinsi di GOR Rang Agam, Lubukbasung, Kabupaten Agam, Selasa (19/7).

“Kami berharap keberadaan PKK dapat membantu kelangsungan hidup keluarga dan masyarakat, dan 10 program pokoknya betul-betul terlaksana dari tingkat daerah sampai ke nagari,” kata Mahyeldi.

Ia menambahkan, PKK di tingkat nagari juga diminta untuk melaksanakan tugas pokoknya secara maksimal agar permasalahan yang ada bisa segera teratasi. Selain setiap pengurus harus mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas kadernya masing-masing, agar seluruh program PKK bisa berjalan secara optimal.

Lebih lanjut disebutkan, ia menilai tugas PKK saat ini semakin berat karena ikut terlibat dalam mengatasi permasalahan kemiskinan, stunting, dan LGBT.

“Gerakan PKK dihadirkan untuk dapat berkontribusi dalam mengatasi permasalahan sosial dengan cara memperkuat keluarga. Selanjutnya keluarga juga harus bisa menjadi benteng dalam mengatasi permasalahan tersebut,” katanya.

Disamping itu, gubernur juga mengharapkan agar PKK mampu menciptakan perubahan, serta membangun sinergitas dengan seluruh stakeholder sehingga dapat memunculkan simbiosis mutualisme antar sesama yang sesuai dengan tema jambore kali ini.

“Melalui jambore ini diharapkan pengurus dan kader PKK bisa menjadi pelopor dalam memberikan semangat keluarga dan masyarakat dari berbagai aspek,” jelasnya.

Secara khusus, gubernur berpesan kepada para peserta jambore untuk dapat mengikuti kegiatan itu dan memanfaatkannya sebagai penyegar hati dan pikiran antara pengurus dan kader PKK se- Sumatera Barat.

Diketahui, pelaksanaan jambore tahun ini mengusung tema “Melalui jambore kader PKK berprestasi ke- XIX dan peringatan hari kesatuan gerak PKK ke- 50 tingkat provinsi tahun 2022 kita wujudkan sinergi gerakan PKK di tengah masyarakat, berbakti untuk bangsa, dan berbagi bersama”.

Tahun ini, Kabupaten Agam ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan jambore ke- XIX itu yang dipusatkan di lapangan GOR Rang Agam, Kota Lubukbasung. Acara ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 18 hingga 20 Juli 2022.

(Bryan)

To Top