Kaba Terkini

GOW Bukittinggi Gelar Makan Bajamba Memeriahkan HJK Bukittinggi Ke-237

Bukittinggi, KABA12.com — Dalam rangka peringatan Hari Ibu ke 93 tahun 2021, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Bukittinggi gelar Makan Bajamba.

Kegiatan yang juga dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke 237 itu, digelar di Pendopo Rumah Dinas Walikota Bukittinggi, Rabu (15/12).

Acara ini dimeriahkan dengan iring iringan “Manjunjuang Jamba” oleh perwakilan organisasi wanita yang ada di kota Bukittinggi. Iring iringan Jamba ini juga dimeriahkan oleh penampilan drumband dan pakaian adat berbagai daerah persembahan sekolah-sekolah di Bukittinggi yang dikoordinir Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi.

Acara ini dihadiri Wako Erman Safar beserta Wawako Marfendi beserta unsur Forkopimda dan jajaran pejabat pemerintah kota Bukittinggi.

Wako Erman Safar dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap GOW yang telah berinisiatif dan berkontribusi menyelenggarakan rangkaian acara ini dengan dana mandiri sebagai bentuk solidaritas untuk mengembalikan nilai-nilai budaya pasca vakum dua tahun pandemi covid-19.

“Inisiatif dari GOW ini patut diacungi jempol disaat kondisi anggaran pemerintah tidak dapat menggelar acara makan bajamba ini yang sukses digelar dan menarik banyak perhatian,” ungkap Erman.

56 jamba lengkap dengan 7 macam lauk pauk Samba khas Kurai meliputi Randang, anyang daging, pangek ikan, ayam manih, Taruang bagoreng, sayur putih dan karupuak tunjuak dihidangkan dan dinikmati undangan yang hadir.

Dalam kegiatan ini dilengkapi dengan pidato petunjuk tata cara makan bajamba secara rinci dan terurai dijelaskan oleh ketua Bundo Kanduang Kota Bukittinggi Ny. Efni.

Ketua Bundo Kanduang Ny. Efni, mengapresiasi Wako Erman Safar beserta segenap jajaran yang akan mengembalikan pelajaran muatan lokal Budaya Alam Minangkabau ke kurikulum pelajaran di tingkat Pendidikan Dasar di tahun 2022 mendatang.

“Dengan dikembalikannya pelajaran muatan lokal mulai Tahun Ajaran baru nanti, kita tidak cemas lagi anak anak kita akan melupakan identitas jati diri Minangkabau dalam dirinya. Dan ilmu ilmu tentang Budaya Minangkabau tentu akan terpelihara. Kami mengapresiasi sekali kebijakan Bapak Walikota ini.” ujar Efni.

Rangkaian makan bajamba ditutup dengan mengunjungi Bazar Produk UMKM dan Sembako Murah di Jalan Perwira Belakang Balok (sebelah Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi).

Puncak Acara Peringatan Hari Ibu ini akan digelar besok, Kamis (16/12) di Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi.

(Ophik)

To Top