Kaba Terkini

Goro Massal 10 th Malalak, Ribuan Warga Terlibat

Malalak, KABA12.com — Gotong royong massal penanaman tebing lereng pebukitan sepanjang ruas jalan Malalak-Balingka, Senin,(15/05) bakal melibatkan ribuan peserta.

Selain tim khusus yang dikoordinir BPBD Agam dan Dinas Sosial Agam, Sekab Agam juga menginstruksikan seluruh OPD Pemkab Agam harus mengirimkan personil ke Malalak mendukung program peduli lingkungan itu.

Walau banyak suara sumbang mencemooh kegiatan itu terutama dari kalangan oknum ASN yang enggan ikut serta namun diyakinkan moment penghijauan dan peduli bencana itu akan ramai oleh masyarakat dan organisasi sosial.

Camat Malalak, Harmezi, menjawab kaba12.com Minggu (14/5), moment penanaman 10.000 pohon bambu di tebing terjal sepanjang ruas jalan Malalak-Balingka yang sebelumnya ambruk dihantam longsor sebagai antisipasi ancaman longsor mendatang.

Program itu,sebut Harmezi selain sebagai  silaturrahmi, juga lanjutan program penghijauan di Malalak.

” Kita berharap, penanaman 10.000 pohon bambu ini, sebagai antisipasi agar ruas jalan nasional Malalak-Balingka bisa aman dari.longsor karena pohon bambu diyakinkan efektif sebagai penahan longsor,” sebut Harmezi.

Disisi lain, kepala BPBD Agam Bambang Warsito menyebut, program bersama warga Malalak itu merupakan agenda PRB dan antisipasi dini bencana.

” Kita sudah koordinasi dengan berbagai lembaga yang ada dan akan ambil bagian dalam goro massal itu,” sebutnya.

Tim pelaksana juga sudah menbahi 12 titik penanaman pohon bambu dan sudah diedarkan ke berbagai OPD Pemkab Agam dan tim pelaksana.

Bahkan Bambang menegaskan bibit bambu juga sudah disiapkan masyarakat yang dicari di belantara Malalak bersama BPBD Agam sejak Sabtu kemarin.

Sementara Kadinas Sosial Agam  Kurniawan Syahoutra menyebutkan pihaknya akan membuka dapur umum untuk konsumsi ribuan peserta goro yang dikelola Tagana Agam, ” kita dukung penuh,” tegasnya.

Hal serupa ditegaskan Dandi Pribadi Kadinas Satpol PP Damkar dan Budi Prawira Negara Kadisahub Agam yang siap.menurunkan personil lapangannya Senin besok.

(Harmen)

To Top