Kaba DPRD Bukittinggi

Gojek Hadir Angkot Mogok

Bukittinggi, KABA12.com — Ribuan sopir angkutan kota dari berbagai organisasi seperti koperasi IKABE, Kopajag, Mersi termasuk Perkabi (kusir bendi), yang tergabung dalam Organda, mogok “manambang” dan menggelar demo ke DPRD Bukittinggi, memprotes kehadiran Gojek di kota Wisata, Kamis (10/08).

Ketua DPC Organda Bukittinggi, Syafirzal, A, SH menjelaskan, protes yang dilayangkan para pengendara kendaraan umum, karena kehadiran gojek berdampak buruk pada penghasilan mereka. Dengan adanya gojek tentunya akan semakin memperparah kondisi perekonomian sopir angkot dan kusir bendi di kota Bukittinggi.

“Bukittinggi ini kota kecil yang penuh dengan angkutan umum. Secara garis besar, 23 trayek di kota ini sudah dipenuhi dengan 536 angkutan umum. Selain itu, secara mendasar gojek menggunakan sepeda motor. Sedangkan menurut Undang-Undang no 22 tahun 2009 tentang angkutan jalan, sepeda motor tidak termasuk angkutan umum. Untuk itu, kami meminta agar gojek dibubarkan dan kantor gojek di kawasan bypass harus ditutup,” tegasnya.

Aspirasi tersebut diterima langsung oleh pimpinan dan anggota DPRD kota Bukittinggi, terutama komisi 3. Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial menjelaskan bahwa DPRD siap menampung aspirasi pengendara angkot. Sejumlah perwakilan massa pendemo, diberi kesempatan untuk hearing dengan anggota dewan di ruang utama DPRD Bukittinggi.

“Apapun bentuk aspirasi, akan kami terima dan akan diteruskan kepada pemerintah daerah. Dari penjelasan pemda, hingga saat ini surat resmi dari gojek untuk beroperasi di Bukittinggi belum diproses. Namun akan ada pembicaraan dalam waktu dengan pihak perusahaan gojek mengenai permasalahan ini,” jelasnya.

Dari pertemuan tersebut, DPRD meminta para sopir angkutan umum untuk dapat kembali beroperasi, agar transportasi masyarakat dapat terlayani. Karena aksi mogok angkutan tersebut, berpengaruh kepada akses transportasi warga.

Aksi damai yang dilaksanakan para pengendara angkutan umum ini, dikawal oleh personil Polres Bukittinggi, Satpol PP dan Dishub.

(Ophik – Ikhwan)

To Top