Kaba Pemko Bukittinggi

FKS Bukittinggi Gelar Lomba Kelurahan Sehat

Bukittinggi, KABA12.com — Forum Kota Sehat bekerjasama dengan pemerintah kota Bukittinggi, segera gelar lomba kelurahan sehat.

Penilaian sendiri dilaksanakam dalam tiga hari, mulai Senin 24 hingga 26 Juni 019.

Fachrur Ar Razi, ketua pelaksana lomba kelurahan sehat, menjelaskan, kegiatan ini akan memperebutkan piala bergilir Walikota. Lomba kelurahan sehat ini bekerjasama dengan dinas terkait, seperti Bapelitbang, dinas lingkungan hidup dan dinas kesehatan.

“Kita akan nilai bagaimana penerapan pola hidup sehat masyarakat di setiap kelurahan. Sesuai atau tidak dengan tatanan kota sehat. Seperti gang sehat, penerapan stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan beberapa indikator penilaian lainnya. Bagaimana penerapan lima tatanan kota sehat, di setiap kelurahan yang ada,” jelas Ari didampingi Sekretaris Panitia, M. Taufik Hidayat.

Sementara itu, Ketua Forun Kota Sehat (FKS), Hasnil Syarkawi, didampingi Wakil Ketua, Arfan dan Sekretaris, Yuniati, menjelaskan, lomba kelurahan sehat ini dilaksanakan guna lebih meningkatkan pembinaan bagi masyarakat di setiap kelurahan untuk menerapkan pola hidup sehat. Sehingga bukan prestise saja, namun bagaimana setiap masyakat dengan kesadaran sendiri dapat hidup bersih dan sehat.

“Ini menjadi salah satu inovasi dari forum kota sehat Bukittinggi. Kita inginkan bagaimana masyarakat di setiap kelurahan kota Bukittinggi, dapat menerapkan pola hidup sehat. Sehingga dengan penerapan seperti itu, warga sudah terbiasa dengan pola hidup sehat dan menjaga lingkungan mereka agar tetap sehat, aman dan nyaman,” jelasnya.

Lomba kelurahan sehat ini dilaksanakan, memang diharapkan untuk lebih meningkatkan kesadaran warga agar membiasakan hidup sehat. Sehingga tidak hanya saat akan penilaian saja, namun memang telah menjadi tradisi dan kebiasaan bagi warga, untuk hidup secara bersih, sehat, aman dan nyaman.

(Ophik)

To Top