Kaba Terkini

Festival Pesona Sungai Batang 2021 Digelar Besok

Sungai Batang, kaba12.com — Festival Pesona Sungai Batang 2021 bakal digelar pada 28 Desember besok, di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Event akhir tahun ini sengaja digelar sebagai wujud syukur atas keberhasilan Nagari Sungai Batang mendapat 2 penghargaan di tingkat nasional beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua Pokdarwis Nagari Sungai Batang, Rudi Yudistira menjelaskan, Festival Pesona Sungai digelar akan menampilkan beragam atraksi kesenian dan kebudayaan Minangkabau seperti silek, saluang, tambua tansa, tari dan pasambahan.

Selain atraksi, even ini juga menampilkan permainan anak nagari, menangkap dan memasak rinuak, dan pameran UMKM.

“Event ini digelar selama sehari penuh mulai dari pagi hingga malam hari. Lokasinya dipusatkan di halaman Medan Nan Bapaneh atau depan Balairung Adat Nagari Sungai Batang,” kata Rudi Yudistira kepada KABA12.com, Senin (26/12).

Ia mengatakan, Bupati Agam Dr Andri Warman bersama jajaran Forkopimda, perwakilan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), dan tamu undangan lainnya akan hadir dalam acara tersebut.

Rudi menyebut, Bupati akan melakukan arak-arakan piala Anugerah Pesona Indonesia (API) dari rumah dinas bupati di Padang Baru, Lubukbasung menuju Nagari Sungai Batang

“Bupati Agam bersama tamu undangan akan hadir pada sore hari yang disambut dengan tari pasambahan dan tambua tansa,” ujar Wakil Ketua Asosiasi Pokdarwis Kabupaten Agam itu.

Lebih lanjut disebutkan, acara puncak Festival Pesona Sungai Batang 2021 ini diselenggarakan pada Selasa malam dengan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya penampilan pidato adat, penyerahan piala penghargaan, dan atraksi hiburan.

Menurutnya, festival ini digelar dalam rangka syukuran syukuran atas keberhasilan Nagari Sungai Batang meraih 2 penghargaan pada ajang tingkat nasional yaitu Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) sebagai desa wisata terbaik peringkat 5, dan Museum Buya Hamka peringkat 2 Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 kategori situs sejarah.

“Alhamdulillah, Nagari Sungai Batang berhasil meraih 2 penghargaan pada ajang tingkat nasional yang digelar Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Kemenparekraf RI) beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Saat ini, panitia pelaksana, pemerintah nagari, pemuda, dan masyarakat tengah mematangkan persiapan untuk Festival Pesona Sungai Batang 2021 yang digelar sehari penuh.

“Sekarang sudah H-1. Makanya kita bersama panitia berupaya memaksimalkan persiapan untuk kesuksesan acara besok,” jelasnya.

(Bryan)

To Top