Kaba Terkini

Erupsi Gunung Api Marapi Capai 119 Kali, Pengawasan Warga Diperketat

Lubukbasung, kaba12.com — Intensitas erupsi Gunung Api Marapi sejak Sabtu pekan lalu sudah semakin meningkat. Hal itu dibuktikan dalam beberapa hari terakhir, letupan abu vulkanik yang keluar dari kawah gunung api itu makin tinggi, dengan peningkatan muntahan kolom abu yang semakin tinggi.

Data yang diperoleh kaba12.com, hingga Rabu,(11/1) pukul 07.37 WIB, sesuai pantauan pos pengamat Gunung Api Marapi, tercatat sebanyak 119 kali erupsi, masing-masing Sabtu,(7/1) sebanyak 15 kali, Minggu,(8/1) sebanyak 23 kali, Senin, (9/1) sebanyak 35 kali, Selasa,(10/1) sebanyak 34 kali erupsi dan Rabu,(11/1) pagi sebanyak 11 kali erupsi.

Menyikapi peningkatan intensitas erupsi Gunung Api Marapi itu, berbagai unsur terkait dalam penanganan dampak kebencanaan, terutama BPBD Agam, sudah menyiagakan personil untuk diturunkan ke lapangan, jika terjadi hal-hal yang luar biasa.

Seperti disebutkan Bambang Warsito, kepala BPBD Agam, pihaknya Rabu pagi menyiapkan personil untuk turun ke kawasan Gunung Api Marapi, untuk berkoordinasi dan memantau perkembangan situasi.

Disebutkan, pihaknya sejak Sabtu pekan lalu, menjalin komunikasi intens dengan PVBMG, BKSDA, pos pemantau Gunungapi Marapi, KSB dan berbagai unsur terkait lain untuk bersiaga, termasuk mengoptimalkan himbauan pada masyarakat untuk mewaspadai berbagai kemungkinan.

Bahkan, Pemkab.Agam sudah menyebarluaskan himbauan pada masyarakat, sesuai surat edaran Bupati Agam yang diterbitkan Selasa,(10/1) kemarin, “ kesiapsiagaan masyarakat sangat penting untuk mengantisipasi dampak terhadap masyarakat, “ sebut Bambang Warsito.

Ditegaskan, selain tim BPBD Agam jajaran Pemkab.Agam juga sudah menggelar koordinasi dengan unsur terkait, termasuk dengan jajaran KSB se Kabupaten Agam, BTB, Tagana dan organisasi sosial lain untuk bersiaga menghadapi berbagai kemungkinan menyusul makin tingginya aktivitas Gunung Api Marapi.

HARMEN

To Top