Agam

Empat Kecamatan di Agam “Blankspot” Telekomunikasi

Lubukbasung, KABA12.com — Persoalan jaringan telekomunikasi masih menjadi momok bagi kabupaten Agam, terutama di kawasan yang masih berstatus terisolir. Empat dari 16 kecamatan yang ada di di kabupaten itu masih dikategorikan sebagai ?blankspot area? atau kawasan  yang tidak memiliki jaringan telekomunikasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Agam Fauzan Helmy Hutasuhut mengatakan, empat kecamatan itu yaitunya, Palupuah, Palembayan, Ampeknagari dan Malalak.

“Kita sudah mendata blankspot area telekomunikasi, ada sekitar empat kecamatan yang beberapa jorong dan nagarinya tidak terjangkau jaringan telekomunikasi. Palupuah, Palembayan, Ampeknagari dan Malalak,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya terus berupaya melakukan pendekatan dengan pihak provider dan Kementerian Kominfo untuk mendapatkan subsidi terkait pembangunan tower Base Transceiver Station (BTS) atau menara telekomunikasi.

“Kita tidak bisa memberikan target, karena ini terkait dengan pihak ketiga. Namun kita terus berupaya melakukan pendekatan dengan pihak provider dan Kementerian Kominfo untuk mendapatkan subsidi BTS,” jelasnya.

Fauzan menambahkan, hingga saat ini jumlah menara telekomunikasi yang ada di kabupaten Agam sebanyak 176 menara. Ia berharap, semua persoalan daerah yang tidak memiliki jaringan telekomunikasi dapat teratasi.

(Jaswit)

To Top